Pemodelan Sebagai Solusi Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan di MTs Negeri 6 Bantul
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik pemodelan teks dalam menulis teks laporan percobaan, dan menganalisis tingkat keberhasilan penerapan pemodelan teks dalam menulis teks laporan percobaan pada siswa kelas X MTsN 6 Bantul.
Metode – Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi lapangan. Penelitian lapangan merupakan salah satu metodepengumpulandata dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Penelitian lapangan biasa dilakukan untuk memutuskan ke arah mana penelitiannya berdasarkan konteks.Tempat penelitian ini di MTsN 6 Bantul dengan sampel penelitian yaitu kelas 9 MTsN 6 Bantul yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi sumber yang kemudian dianalisis dengan menggunakan 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keaktifan siswa meningkat; (2) hasil belajar meningkat. Teknik pemodelan teks merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang sangat tepat digunakan pada materi menulis Teks Laporan Percobaan.
Downloads
Article Details
References
Dahniar. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 136–158.
Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Akademia Permata.
Luly, J. (2020). Penilaian Kreativitas Anak melalui Metode Bermain. JAMBURA: Early Childhood Education Journal, 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.154
Sisdiknas. (2010). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Fokus Media.
Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).
Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 1–17.