Pembelajaran Fisika Model SOUTING Untuk Meningkatkan Efisiensi Belajar Siswa

Main Article Content

Arif Alfatah

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran SOUTING pada siswa kelas XI MIA 3 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.


Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIA 3, yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu membandingkan hasil belajar (nilai tes Ulangan Harian) antar bab materi fisika dengan indikator kinerja sebelum dan sesudah diberi tindakan, juga menampilkan hasil pengamatan efektifitas pembelajaran. Nilai hasil tes ulangan harian di analisis dengan progam aplikasi ANABUT yang mencakup analisi rerata KKM, persentase ketuntasan belajar, analisis butir soal, dan daya serap soal..


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian terjadi kenaikan persentase efisiensi belajar siswa setelah setelah diterapkan model SOUTING, dengan peningkatan efisiensi belajar siswa sebesar 9% untuk siklus 1 dan 22% untuk siklus 2. Penelitian lebih lanjut akan lebih baik jika instrumen-instrumen pengukuran ditingkatkan jumlahnya dan membahas materi bab yang sama atau ada kemiripan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfatah, A. . (2022). Pembelajaran Fisika Model SOUTING Untuk Meningkatkan Efisiensi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 143–150. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-01
Section
Articles
Author Biography

Arif Alfatah, MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

 

 

 

References

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3, 64–73.
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Hasanah, N., Uyuni, Y. R., Lismawati, L., Fauziah, F., & Dirjo, D. (2022). Implementing of Al Bidayah Method to Improve The Kitab Kuning Reading Skills. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 1071–1080. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2432
Indriani, T., Suyatna, A., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan Kuis Interaktif Tipe Tru/False Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 131–140.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Mu’izzuddin, M., Juhji, J., & Hasbullah, H. (2019). Implementation of Sorogan and Bandungan Methods For Improving Ability to Read Yellow Books. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 43–50.
Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2616
Pebriana, I. G., Sunarya, I. G. M., Arthana, I. K. R., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengembangan Media Film Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Banjar. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3(5), 1–15. https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19888
Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–138.
Ramlan, Sugiatno, & Hamdani. (2017). Mengatasi Hambatan Berhitung Mencongak Menggunakan Strategi Mental dalam Materi Operasi Bilangan Bulat. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i3
Rosyid, M. F., & Baroroh, R. U. (2019). Teori Belajar Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 4, 180–198.
Saputra, B. P. (2019). Efektivitas Penerapan Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar2, 3(2), 87–97.
Widiada, I. P. G. (2020). Penerapan Model Team Assisted Individualization (Tai) Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 311–317. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29068