Analisis Butir Soal dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA Berbeasis HOTS
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal HOTS dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA Terbitan Erlangga.
Metode – Studi analisis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data adalah buku Bahasa Indonesia kelas X SMA terbitan Erlangga. Data penelitian berupa soal pilihan ganda sejumlah 20 nomor yang ada pada setiap bab. Teknik analisis data yang digunakan pemilihan kategori dan data, penyajian data, serta pembuatan kesimpulan. Teknik uji validitas data dengan triangulasi teori.
Hasil – Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan soal HOTS dalam buku ini memperlihatkan sebaran ranah kognitif yang bervariasi. Dari 340 soal dengan asumsi 17 x 20 nomor setiap babnya 182 soal dalam buku ini sudah termasuk kriteria soal HOTS. Namun demikian sebaran soal ranah kognitif (C5) dan (C6) masih sedikit. Ranah kognitif (C4) masih dominan dalam sebaran soal HOTS
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Cet. 3). Bumi Aksara.
Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 131–151. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). KONSEP MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESIVISME. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 1–14. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bahasa Indonesia dalam Ujian Sekolah SMP Negeri 4 Dumai. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582.
Rosdiana, R., Budiana, S., Mahajani, T., & Talitha, S. (2022). Penerapan HOTS pada Soal-soal Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1065–1074. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1065-1074.2022
Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).
Ula, D. M., & Lestari, I. (2019). Imbas Sistem Zonasi Bagi Sekolah Favorit dan Masyarakat. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019.
Wulandari, N., Watinah, A., & Wikanengsih, W. (2019). Implementasi HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Soal Bahasa Indonesia Disusun Oleh Guru Kelas VII SMP. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 1043–1052. https://doi.org/10.22460/p.v2i6p%25p.3300
Wulandari, W., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 1–17.