Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas V

Main Article Content

Isnaini Badaruddin

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas V A MIN 1 Gunungkidul Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan realistik.


Metode – Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V A MIN 1 Gunungkidul Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa dan guru kelas V A. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement). Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan matematika realistik adalah 67,00 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,33 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya  54,29% meningkat menjadi 75,68% pada siklus II.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Isnaini Badaruddin. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas V. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 159–163. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-03
Section
Articles
Author Biography

Isnaini Badaruddin, 1MIN 1 Gunungkidul

 

 

 

References

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93–100. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen ….
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Manalu, E. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Pebelajaran. Handayani, 2(1).
Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Bumi Aksara.
Tejaningsih, E., Mudofir, M., & Makruf, I. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 218–230. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9096
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.957
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530