Peningkatan Keterbukaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII MTsN 4 Sleman

Main Article Content

Endang Vironika Hartati

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas VIII MTs N 4 Sleman melalui layanan bimbingan kelompok.


Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 4 Sleman Yogyakarta sejumlah 144 siswa, sampel diambil sebanyak 10 siswa yang mengalami keterbukaan diri rendah dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data keterbukaan diri dalam penelitian ini menggunakan angket yang telah diuji cobakan pada 36 siswa di luar subyek penelitian dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis menggunakan t-test.  


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti atau layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan keterbukaan diri siswa kelas VIII MTsN 4 Sleman. Dari hasil t-test diketahui thitung=8.034 dengan nilai p=.000 < 0.05 berarti ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterbukaan diri siswa kelas VIII MTsN 4 Sleman. Diharapkan guru pembimbing dapat memberikan layanan bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartati, E. V. . (2022). Peningkatan Keterbukaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII MTsN 4 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 165–169. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-04
Section
Articles
Author Biography

Endang Vironika Hartati, Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman

 

 

 

References

Layes, S., Lazar, K., & Mecheri, S. (2022). Do learning disabilities in reading, spelling and numeracy have common underlying factors? Evidence from Arabic-speaking children sample. Applied Neuropsychology: Child, 11(4), 1–13. https://doi.org/10.1080/21622965.2022.2137024
Lestari, S. S. (2016). Hubungan Keterbukaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Riau di Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 1–13.
Munita, J., Supriyanto, A., & Antara, U. (2020). Pendekatan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Trumon Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1085–1097.
Pradana, C. R., & Ningsih, Y. (2014). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa MTsN Mojosari Mojokerto. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 43–60.
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Rahayu, E. E., & Listiyadi, A. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technologies (ICT) Pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi. Jurnal Pendidikan Akutansi, 2(2).
Ramadhana, M. R. (2018). Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Orangtua-Anak pada Remaja Pola Asuh Orangtua Authoritarian. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2), 197–204. https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11582
Setiawan, A. (2019). Keterbukaan Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(1), 68–80. https://doi.org/10.35891/jip
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.957