Upaya Peningkatan Motivasi Literasi Guru Melalui Penggunaan Buku Jurnal Literasi di MtsN 7 Bantul Tahun 2022
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi guru MTsN 7 Bantul dalam literasi melalui penggunaan buku jurnal literasi.
Metode – Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan madrasah yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru-guru di madrasahnya sendiri. Penelitian Tindakan Madrasah (PTM) dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu; perencanaan tindakan (action plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini yaitu guru-guru MtsN 7 Bantul yang berjumlah 39 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor guru pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku jurnal literasi dapat meningkatkan motivasi literasi guru di MTsN 7 Bantul pada tahun 2022. Selanjutnya, melihat hasil sumbangsih buku jurnal literasi dalam meningkatkan motivasi literasi guru, disarankan kepada para kepala madrasah bahwa dengan tipikalnya tersebut mampu meningkatkan motivasi literasi guru secara umum. Kepala madrasah yang menggunakan buku pantauan literasi lebih mungkin untuk memiliki guru yang berhasil dari pada kepala madrasah yang tidak menggunakan.
Downloads
Article Details
References
Badriah, L., & Sholicha, R. A. (2016). Hubungan Kreativitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).24-33
Dahniar. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 136–158.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., & Cahyaningsih, U. (2020). Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.31949/jb.v1i1.108
Puspa, M., Milama, B., & Sholihat, R. N. (2021). Persepsi Calon Guru Kimia Mengenai Literasi Digital Sebagai Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2849–2863. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.28394
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen …, 11(2).
Sari, R. K., & Paksi, G. R. (2022). Pendampingan Guru Pembimbing Karya Ilmiah Siswa MTs. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 18–27.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). PERAN GURU PENGGERAK DALAM PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2).
Sibuea, H. Y. P. (2017). PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA : PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN. Jurnal Kajian, 22(2).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 1–17.