Meningkatan Aktivitas Belajar Kimia Materi Reaksi Redoks Menggunakan Model PjBL di Madrasah Aliyah

Main Article Content

Bowo Bowo

Abstract

Tujuan – penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar kimia materi reaksi redoks menggunakan Model PjBL (Project Based Learning) pada peserta didik Kelas X MIA 1 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.


Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 1 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berjumlah 33 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Adapun indikator  keberhasilan  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  terjadinya peningkatan   skor   rata-rata   keaktifan siswa materi reaksi redoks pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.  


Hasil – Temuan - Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kualitas kegiatan belajar siswa adalah 73,5 dengan persentase ideal sebesar 66,8% sehingga hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 103 dengan rasio sempurna 93,6% yang termasuk dalam kategori sangat baik pada siklus II dari penilaian guru kolaborator. Sebagai pembanding evaluasi oleh siswa memperoleh skor rata-rata 77,2 dengan persentase ideal 70,2%, sehingga termasuk dalam kategori sangat baik pada siklus I dan skor rata-rata 102,6 dengan rasio sempurna 93,3%, sehingga termasuk dalam kelas sangat baik pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bowo, B. (2022). Meningkatan Aktivitas Belajar Kimia Materi Reaksi Redoks Menggunakan Model PjBL di Madrasah Aliyah. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 177–187. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-06
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bedir, H. (2019). Pre-service ELT teachers’ beliefs and perceptions on 21st century learning and innovation skills (4Cs). Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 231–246. https://doi.org/10.17263/jlls.547718
Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.
Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan, 12(2), 152–172.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Luciana, N. L. R., Padmadewi, N. N., Artini, L. P., & Budiarta, L. G. R. (2020). Teachers’ Readiness in Inserting the 21st Century Skills in the Lesson Plan in Teaching English. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 168–183. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.26406
Nur Adnan Saputra, M., Nurul Mubin, M., Minhajul Abrori, A., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109
Pane, A. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rahman, M. K., Suharto, B., & Iriani, R. (2019). Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Menggunakan Model PjBL Berbasis STEM pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 10–22.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.
Silalahi, R. M. (2019). Understanding Vygotsky’S Zone of Proximal Development for Learning. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 169. https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1544
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289