Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X

Main Article Content

Lina Mutiasih

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika materi vektor dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X MIPA 3 MAN  1 Bantul.


Metode – Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Setiap siklus terdiri dari dua (2) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Sedangkan indikator keberhasilan, sekurang-kurangnya 75%, peserta didik dapat memahami materi Vektor, ketuntasan belajarnya mencapai 80%, peserta didik memperoleh  nilai > 75, memiliki aktivitas siswa meningkat sekurang-kurangnya 75%.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran dengan  menerapkan  problem based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika peserta didik  kelas X MIPA3 semester I di MAN 1 Bantul Tahun Pelajaran 2022-2023 yang dibuktikan dengan rata-rata persentase aktivitas  pada siklus I sebesr 76,87%, sedangkan rata-rata persentase aktivitas  pada siklus II sebesr 81,46%. Sedangkan untuk hasil belajar fisika juga mengalami peningkatan. Persentase siklus I dari pretest besarnya ketuntasan 28,17% dan postest dengan ketuntasan 75,00. Adapun Persentase siklus II dari pretest ketuntasan sebesar 66,67%  dan  posttest ketuntasan sebesar 100%  dengan nilai rata-rata 81,00.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mutiasih, L. . (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X . Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-07
Section
Articles

References

Ali, M., & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik (Cet. Ke-7). Bumi Aksara.
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Hasan, M., Munfangati, R., Supartha, I. K. D. G., Tyaningsih, R. Y., Satria, R., Thalib, D., Lestari, A. S., Subagiyo, A., Ariningsih, K. A., Hasbi, I., & Kahira, I. (2021). Pembelajaran Digital. Widina Bakhti Persada.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Pathoni, H. (2019). Analisis korelasi sikap siswa dan disiplin siswa terhadap IPA pada Siswa SMP Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59. https://doi.org/10.25273/JPFK.V5I2.5014
Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/KONTEKSTUAL.V2I01.246
Muhammad Anggi Prasetya. (2021). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN UNTUK SMA KELAS X. Seminar Nasional Pendidikan IPA, Vol. 1 (1).
Pebriana, I. G., Sunarya, I. G. M., Arthana, I. K. R., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengembangan Media Film Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Banjar. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3(5), 1–15. https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19888
Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Bumi Aksara.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Syahrir. (2022). Evaluasi Kurikulum Belajar Mandiri TK Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1).