Strategi Supervisi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran RA dan MI Oleh Pengawas Kemenag Kabupaten Bantul
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi supervisi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) oleh pengawas madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul.
Metode – Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pengawas madrasah dasar RA dan MI jenjang jabatan Pengawas Madya Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan model craswell yang terdiri atas enam tahapan yakni mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, analisis mendetail, memberi kode, narasi deskripsi, dan menginterpretasikan data.
Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kegiatan supervisi telah dilakukan secara terorganisir dan diatur secara menyeluruh dengan pengaturan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Selain itu juga terdapat kepercayaan yang terbuka terhadap kualitas dan pelaksanaan tenaga pengajar. Hal inilah yang mendorong Kepala sekolah untuk secara konsisten menilai program-program pembinaan keilmuan dalam menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran.
Downloads
Article Details
References
Fathurrohman, Pupuh., & Suryana. (2015). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung. Refika Aditama.
I., & Benty, D. D. N. (2017) Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Putri, N. R. (2018). Analisis Tindak Indisipliner Siswa SMP Negeri. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 122–128.
Sari, A. I., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1175
Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464
Sibuea, H. Y. P. (2017). PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA : PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN. Jurnal Kajian, 22(2).
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.957
Warits, A. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman.
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/MP.V5I1.265