Pengembangan Modul Matematika pada Materi Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Problem Based Learning

Main Article Content

Nur Idiah Asmarawati

Abstract

Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi Teorema Pythagoras yang valid, praktis dan efektif untuk siswa kelas VIII SMP/MTs.


Metode – Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk adalah research and development dengan Model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan survei validitas, survei respon siswa, dan keefektifan modul.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor pada uji validitas, modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning ditempatkan pada kategori valid dengan persentase 89,58 untuk substansi dan 77,14 untuk media. Sementara itu, jawaban siswa termasuk modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning dengan 78,30 persen kategori praktis. Hasil belajar setelah pembelajaran kelas eksperimen mendapat nilai 54,691, lebih tinggi dari nilai setelah pembelajaran kelas referensi 46,356. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning sudah efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asmarawati, N. I. . (2022). Pengembangan Modul Matematika pada Materi Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Problem Based Learning. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 223–230. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-10
Section
Articles

References

Fajarini, A., Soetjipto, B.E., & Hanurawan, F. (2016). Developing A Social Studies Module by Using Problem Based Learning (PBL) With Scaffolding for the Seventh Grade Students in A Junior High School in Malang, Indonesia. IOSR – JRME, 6(1), 62-69
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93–100. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446
Muttakhidah, R. I. (2016). Pergeseran Perspektif “Human Mind” John Locke Dalam Paradigma Pendidikan Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4761
Pratiwi, V. (2016). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–7.
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen …, 11(2).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widiada, I. P. G. (2020). Penerapan Model Team Assisted Individualization (Tai) Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 311–317. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29068
Wulandari, W., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3).
iZaerani, S., Mardhiah, & Suharti. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Balang-balang. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 279-292.