Pembelajaran Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pancasila dan Kewarganegaraan Peserta Didik Kelas VII
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan penerapan pembelajaran model kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas VII A di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini merupkan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang model penelitian tindakannya terdiri dari empat tahapan (perencanaan, aksi, pengamatan, dan refleksi). Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII A yang bejumlah 32 peserta didik dan guru mata pelajaran PPKn kelas VII A MTs Mu’allimin. Teknik Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data secara induktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil – Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama setelah dilakukan tindakan oleh peneliti kemudian diadakan post-test yang menunjukkan sebanyak 13 peserta didik dinyatakan tuntas dan 19 peserta didik dinyatakan belum tuntas yang artinya masih diperlukan tindakan pada siklus selanjutnya. Pada siklus kedua setelah dilakukan tindakan oleh peneliti menunjukkan sebanyak 29 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas Prosentase ketuntasan peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan yaitu sebesar 41% menjadi 91% setelah dilakukan penerapan pembelajaran TPS pada mata pelajaran PPKn.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Halawa, A. M., Koamesakh, A. E., Wasiyono, N., & Boiliu, F. M. (2022). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6742–6753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2947
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1). https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902
Sembiring, M. E., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Tema Praja Muda Karana di Kelas III SD Swasta Advent Timbang Deli. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 78–87. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8517
Simbolon, U. (2017). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD 166492 Tebing Tinggi. ESJ: Elementary School Journal, 7(3), 430–439. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8182
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Syam, F., Pillang, A. R., Hamid, S., & Arsyad, S. N. (2020). Peningkatan Hasil belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SD Inpres Nipa-Nipa Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 63–73.
Wardhiana, I. K. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan. MIMBAR PGSD Undikshaha, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887