Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Pembelajaran Bola Volly Melalui Model Latihan Target Siswa Kelas VIII B MTsN 5 Sleman

Main Article Content

Furqan Nur Wahyu

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan passing bawah dalam pembelajaran bolavoli melalui model latihan target bagi siswa kelas VIII B MTs N 5 Sleman tahun Pelajaran 2022/2023.


Metode – Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah tes unjuk kerja menggunakan brumbach forearms pass volleyball test dan observasi.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran passing dalam  permainan bolavoli melalui model latihan target meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar 32 siswa, pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 76 baru 11 siswa atau 34.38%, pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 53.13%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau 81.25%. Peningkatan hasil belajar passing dalam permainan bolavoli tersebut dapat dilihat dari tingkat ketuntasan nilai siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase nilai ketuntasannya mencapai 53.13%, dan siklus II mencapai 81.25%. Peningkatan hasil belajar passing dalam permainan bola voli melalui model latihan target dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 28.12%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyu, F. N. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Pembelajaran Bola Volly Melalui Model Latihan Target Siswa Kelas VIII B MTsN 5 Sleman . Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 241–250. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-12
Section
Articles

References

Anggraini, A. W., Tomi, A., & Sulistyorini, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Menggunakan Latihan Bervariasi Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang. Pendidikan Jasmani, 26(2), 365–380. https://doi.org/10.17977/pj.v26i2.7512.g3432
Ardiansyah. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Bolavoli Melalui Model Ring Target Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi: FIK-UNNES.
Fitriatun, E. (2020). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN. Tawadhu, 4(1).
Girsang, E. A., & Hendrawan, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Bermain. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–67. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v2i2.560
Hermawan, F. D., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2016). Pengembangan Variasi Latihan Passing Atas Permainan Bola Voli Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMPN 21 Malang. Pendidikan Jasmani, 26(2), 332–350. https://doi.org/10.17977/pj.v26i2.7510
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Ini, I. N., & Komariyah, L. (2021). Pengaruh Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Dan Revitalisasi Fungsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di Lima Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 84–93.
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher (Issue September). Aura Publisher.
Nur Asruni. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Melalui Model Ring Target Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Takalar. Skripsi: FIK-UNM.
Pelamonia, S. P., Hayati, H., & Firnanda, M. W. (2021). Pengaruh Latihan Passing Bawah Menggunakan Media Dinding Dengan Memakai Sasaran Garis Luruh Terhadap Kemampuan Passing Bawahh. PORKES: Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi, 4(2), 140–148. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4882
Samsudin. (2011). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Litera.
Sari, R. M. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Sarjiyanto, D., & Sujarwadi. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Kelas VIII SMP/MTs. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Sugiyanto. (1993). Belajar Gerak. KONI Pusat Pendidikan dan Penataran.
Sumaryanto, S. (2009). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Favorit di Yogyakarta. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 33(2), 21–33.
Vinando, M., Insanistyo, B., & Sutisyana, A. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN SHORT PASS PERMAINAN SEPAK BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 CURUP UTARA. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 28–34.