Meningkatkan Kinerja Guru MIN 11 Gunungkidul Melalui Manajemen Kepala Madrasah

Main Article Content

Risdiyanto Risdiyanto

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara spesifik usaha yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MIN 11 Gunungkidul.


Metode – Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yaitu mencoba mempelajari suatu fenomena dalam konteks yang nyata. Penelitian ini dilakukan pada 13 guru MIN 11 Gunungkidul. Guru dan kepala madrasah menjadi sumber data utama, sedangkan madrasah dijadikan sebagai obyek lembaga/organisasi kajian pada penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah semua guru MIN 11 Gunungkidul yang telah ditetapkan dengan aturan sebagai guru kelas dan guru mata pelajaran. Pedoman wawancara, observasi, dan studi dokumentasi sebagai instrument penelitian. analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dari data rinci yang spesifik kepada kategori dan sub kategori yang bersifat umum, yang dibangun berdasarkan pertanyaan penelitian.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa kemampuan konseptual meliputi perumusan program kerja madrasah, Rencana Jangka pendek, menengah, dan Jangka panjang yang merupakan akumulasi dari visi madrasah. Adapun kemampuan teknis kepala madrasah dalam hal pembenahan pembelajaran dengan upaya-upaya pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran di MIN 11 Gunungkidul. Kemampuan menjalin hubungan manusia yakni dengan menjaga hubungan emanusiaan  dengan  para  guru, stafnya dan stekholder pendidikan yang memiliki kaitan dengan pengembangan madrasah.  Kemudian, Pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 11 Gunungkidul dilakukan dengan tiga pola yaitu: Pengawasan Kepala Madrasah dalam hal pengawasan pembelajaran, mengadakan rapat dan penerapan disiplin aturan madrasah. Program Pengembangan guru dengan langkah mengadakan pelatihan bagi guru, mengikuti  kegiatan  kelompok  kerja  guru  (KKG)  tingkat  MIN 11 Gunungkidul dan  Wilayah, mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan tugas belajar ke jenjang lebih tingi. Adapun evaluasi kepala MIN 11 Gunungkidul dilakukan dengan evaluasi terhadap program yang dilakukan. Adapun implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 11 Gunungkidul, meliputi: Efektifitas Pembelajaran, peningkatan Mutu Guru/SDM dan peningkatan kinerja guru


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Risdiyanto, R. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru MIN 11 Gunungkidul Melalui Manajemen Kepala Madrasah. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 251–260. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-13
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Cet. 3). Bumi Aksara.
Fitriatun, E. (2020). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN. Tawadhu, 4(1).
Jones, T. (2011). Educational Potentials and Pitfalls. Computers in the School.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen ….
Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063
Maimun, A., & Fitri, A. Z. (2010). Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. UIN-Maliki Press.
Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/KONTEKSTUAL.V2I01.246
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Silaen, N. R., Syamsuriansyah, Chairunnisah, R., Mahriani, M. R. S. E., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany, A., Masyruroh, A., Satriawan, D. G., Lestari, A. S., Arifudin, O., Rialmi, Z., & Putra, S. (2021). Kinerja Karyawan. Wdina Bhakti Persada.
Sukmadinata, N. S. (2006). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.
Suteja. (2016). Pendidikan Dan Pesantren. CV. Elsi Pro.
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.957
Warits, A. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman.
Zarkasyi, H. F. (2020). Imam Zarkasyi’s modernization of pesantren in Indonesia: (A case study of darussalam gontor). Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1), 161–200. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V8I1.5760