Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Analyzing, Singing, and Presenting (ASIP) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Song Lyrics Siswa Kelas X

Main Article Content

Noor Hayanti

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X MIPA MAN 5 Sleman melalui penggunaan metode analyzing, singing, and presenting (ASIP) pada mata pelajaran bahasa Inggris.


Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA MAN 5 Sleman. Untuk mengetahui respon dan keaktifan siswa, penulis melakukan observasi dengan menggunakan instrument keaktifan belajar siswa. Pengamatan dilakukan dua kali, yakni sebelum dilakukan tindakan dan setelah diberi tindakan dengan menggunakan metode ASIP. Data yang diperoleh melalui tes tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pengamatan kondisi awal menunjukkan bahwa siswa yang kekatifannya pada kategori rendah mencapai 35,7%, kategori sedang 46,4%, dan kategori tinggi hanya sebesar 17,9%. Sedangkan hasil pengamatan kondisi akhir menunjukkan bahwa pada kategori rendah mencapai 0%, kategori sedang 60,7%, dan kategori tinggi hanya sebesar 39,3%. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar yang cukup berarti. Dengan demikian strategi mengajar Bahasa Inggris guru metode ASIP memberi dampak pada peningkatan keaktifan belajar Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hayanti, N. . (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Analyzing, Singing, and Presenting (ASIP) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Song Lyrics Siswa Kelas X . Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 261–266. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-14
Section
Articles

References

Agus, M. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Allyn, Bacon, 1998. Teaching Language Arts. California State University: Viacom Company.
Amangeldievna, T. (2022). Using Poems and Songs to Improve Lexical Skills in the Middle Stage of Learning. Scopus: Multidiscipline Proceedings of digital fashion Conference. 65-67
Badriah, L., & Sholicha, R. A. (2016). Hubungan Kreativitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).24-33
Bahy, M. B. A., Maturedy, F., Hidayanti, P. N. Y., & Sutrisno, N. (2021). Respon Wali Murid terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Virtual Tingkat Sekolah Dasar di Surabaya. Konasbara (Konferensi Nasional Bahasa Arab), 615–627. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/979
Hornby, AS. (2000). Oxford Advance Learner's Dictionary. New York: Oxford University Press.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Manalu, E. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Pebelajaran. Handayani, 2(1).
Musaropah, U., Mahali, M., & Delimanugari, D. (2020). Snowball Throwing Sebagai Model Pembelajaran Guna Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah. Jurnal Intersections, 5(2), 38–47.
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I6.1303
Puspita, R. D., Pd, M., Rohman, H., Kosakata, K. P., Arab, B., Mirma, A. F., Ilhami, Z., Alfi, S., Dasar, S., Pembelajaran, D., Inggris, B., Anak, B., Dini, U., Westhisi, S. M., Pandey, S., Srivanitchapoom, P., Kirubakaran, R., Bd, B., Anak, J. P., … Ibtidaiyyah, M. (2020). “ Aku Istimewa , Aku Bisa ”: Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Fonik bagi Anak Speech Delay. 7(1), 76–91. https://doi.org/10.14421/almahara.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923