Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah

Main Article Content

Erina Kusuma Anggraini

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas IX A MTsN 5 Sleman dengan penerapan media kartu bergambar.


Metode – Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Tujuan dari penelitian ini untuk memfokuskan dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui media kartu bergambar. Rancangan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dimulai dari menyusun perencanaan, melaksanakan tindakan (aksi), melakukan observasi, dan mengadakan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A dengan jumlah 30 siswa. Dalam memperoleh data, penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi yang diberikan pada setiap siklusnya.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada tahapan pra-tindakan, kategori siswa yang belum menguasai mufradat sebesar 40% dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa, kategori cukup menguasai sebesar 33,3% dengan jumlah 10 siswa, dan 26,7% untuk kategori sudah menguasai dengan jumlah 8 siswa. Sedangkan pada tahap siklus I, kategori siswa yang belum menguasai mufradat sebesar 26,7% dengan jumlah siswa sebanyak 8 siswa, kategori cukup menguasai sebesar 30% dengan jumlah 9 siswa, dan 43,3% untuk kategori sudah menguasai dengan jumlah 13 siswa. Terakhir pada tahap siklus II, untuk kategori siswa yang belum menguasai mufradat sebesar 13,3% dengan jumlah siswa sebanyak 4 siswa, kategori cukup menguasai sebesar 20,3% dengan jumlah 6 siswa, dan 66,7% untuk kategori sudah menguasai dengan jumlah 20 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraini, E. K. . (2022). Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 267–273. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-15
Section
Articles

References

Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima ’ Berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. SEMNASBAWA: Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V, 181–188.
Apriliyani, R., & Gazali, E. (2019). Pengaruh Penggunan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Minat Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab. El-Ibtikar, 8(2), 104–122.
Hamid, M. A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. UIN-Maliki Press.
Hania, I., Baroroh, R. U., Rahmatan, M., Alimudin, A., & Imawan, Y. (2022). Developmen Of CEFR-Based Qowa'id Learning Evaluation Tool With The Help of Wordwall Interactive Games to Identify Students' Understanding. Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistics and Education, 8(1), 65–83. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v8i1.5601
Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.
Irsyad, M. (2020). Media Interaktif Adobe Flash CS6 dengan Model Dart dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Pandemi Covid-19. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 103–130. https://doi.org/10.54150/thawalib.v1i2.14
Linniari, H. M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Untuk Siswa Kelas VII MTs Muallimin UNIVA Medan [UIN Sumetera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/7912/
Mufti, A., Maksudin, M., Baroroh, R. U., Setiyawan, A., Negeri, U. I., & Kalijaga, S. (2022). Socrative , Quizizz , and Google Form as Online-Based Evaluation Tools for Maharah Al- Qirā ’ ah Learning. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 120–136. https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.14229
Mukrandi. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi COVID-19 di MIN 1 Kotawaringin Timur. Jurnal Paedagogie, 8(2), 90–99.
Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 217–231. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.34
Sari, R., & Muassomah, M. (2020). Implementasi Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Istima‘. Alsina : Journal of Arabic Studies, 2(2), 125. https://doi.org/10.21580/alsina.2.2.4961
Zaenudin, A., & Asror, K. (2019). Metode Mnemonic: Solusi Kreatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Nahwu Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 184–195.
Zakiatunnisa, Sukma, D. A., & Faidah, M. N. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Aran dan Solusinya Bagi Non-Arab. Prosding SemnasbanaIV UM Jilid 2, 4(2), 489–498.