Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Madrasah Aliyah pada Pembelajaran Biologi
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan abad 21 siswa MAN 3 Kulonprogo dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.
Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII MIPA2 MAN 3 Kulonprogo, yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif menggunakan persentase.
Hasil – Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray efektik untuk mengembangkan kecakapan Abad 21 siswa Kelas XII MIPA MAN 3 Kulon Progo pada Mata Pelajaran Biologi.
Downloads
Article Details
References
Badriah, L., & Sholicha, R. A. (2016). Hubungan Kreativitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).24-33
Belland, B. R. (2017). Instructional Scaffolding in STEM Education. In Instructional Scaffolding in STEM Education. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-02565-0
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Musaropah, U., Mahali, M., & Delimanugari, D. (2020). Snowball Throwing Sebagai Model Pembelajaran Guna Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah. Jurnal Intersections, 5(2), 38–47.
Noviyanto, T. S. H., Susanto, B. H., & Khairunnisa, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 572–581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1855
Nugroho, B. D. S., & Suwito, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Surabaya. JPTM, 05(02), 56–61.
Ramadhan, F. E. N., & Suyanto, W. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKRB SMKN 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 1–14.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Wardhiana, I. K. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan. MIMBAR PGSD Undikshaha, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887