Pembimbingan Terstruktur Model Social Emotional Learning (SEL) untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Kelas

Main Article Content

Susiyati Susiyati

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru MIN 4 Gunungkidul dalam mengelola kelas dengan pembimbingan terstruktur model pembelajaran social emotional learning (SEL).


Metode – Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan. Penelitian Tindakan dilakukan dengan diawali kondisi awal atau pra siklus. Pra siklus dalam penelitian ini adalah data hasil supervisi yang menyangkut kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan sebelum dilakukan tindakan pelatihan model pembelajaran Social Emotional Learning (SEL). Subjek penelitian ini adalah 9 orang guru di MIN 4 Gunungkidul. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila telah terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam implementasi pembelajaran aktif sebesar 73% atau sebanyak 8 orang guru telah mampu mengelola kelas dengan menerapkan  model pembelajaran Social Emotional Learning (SEL).


Hasil – Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Gunungkidul Yogyakarta dan dari data-data diperoleh kesimpulan bahwasanya pembimbingan terstruktur dengan model pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengelola kelas. Adapun langkah-langkah dalam pembimbingan terstruktur yaitu penyusunan perencanaan yang meliputi  jadwal, pelaksanaan, evaluasi serta tindak lanjut dan dengan model pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) mempengaruhi keberhasilan guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengelola kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susiyati, S. (2022). Pembimbingan Terstruktur Model Social Emotional Learning (SEL) untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Kelas. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 285–295. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-17
Section
Articles

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Ameliola, S dan Nugraha, D.H. (2013).Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap anak dalam Era Global. Prosiding the 5th international conference on Indonesian studies: Ethnicity dan Globalitation
Blum, R. W., & Libbey, H. P. (2004). School connectedness Strengthening health and education outcomes for teenagers. Journal of School Health, 74, 229–299.
Collie, R. J., Jennifer D. S., & Nancy E. P. (2011). Predicting teacher commitment: the impact of school climate And social–emotional learning. Psychology in the schools. Vol. 48 (10), 1034-1048
Durlak, J.A., Roger P. W., Allison B. D., Rebecca D. T, Kriston B. S. (2011). The Impact of Enhancing Students’ Social and Emotional Learning: A Meta-Analysis of School- Based Universal Interventions. Child Development. 82, 405 – 432
Elias, M. J., & Weissberg, R. P. (2000). Primary prevention: Educational approaches to enhance social and emotional learning. Journal of School Health, 70 (5), 186- 190.
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan, 12(2), 152–172.
Ini, I. N., & Komariyah, L. (2021). Pengaruh Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Dan Revitalisasi Fungsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di Lima Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 84–93.
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857
Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063