Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 5 Gunungkidul Melalui Pendekatan SETS
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 5 Gunungkidul tahun pelajaran 2022/2023 dengan mengunakan pendekatan SETS.
Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII B MTsN 5 Gunungkidul tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa. Subjek penelitian ini sangat heterogen dilihat dari kemampuannya, yakni ada sebagian siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi, angket, dan tes evaluasi.
Hasil – Berdasarkan hasil penelitian pada penelitian tindakan ini diperoleh diperoleh siklus I observasi sikap nilai rata-rata 77,00 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 64,00%, sedangkan untuk keterampilan nilai rata- rata 71,40 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 72,00%, sedangkan untuk pengetahuan nilai rata-rata 69,60 dengan kriteria kurang dan ketuntasan 53,33%. Siklus II, hasil observasi sikap nilai rata-rata 78,50 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 76,00%, sedangkan untuk observasi keterampilan nilai rata-rata 74,00 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 92,00%, sedangkan untuk pengetahuan nilai rata-rata 82,93 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 88,00%.
Downloads
Article Details
References
Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen ….
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ: Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 125–136. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Setiyono, F. P. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP) dengan Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 149–158.
Syahrir. (2022). Evaluasi Kurikulum Belajar Mandiri TK Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1).
Yoshitomi, A. (2021). Developing an Assessment System of Speaking Skills in English as a Foreign Language Based on CEFR-J. Impact, 2021(2). https://doi.org/10.21820/23987073.2021.2.56
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 1–17.