Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Melalui Video Pondok Narimo dalam Pembelajaran PPKn Siswa Madrasah Aliyah

Main Article Content

Mu’awanah Zulaichah

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai moderasi beragama melalui video pondok narimo dalam pembelajaran PPKn siswa kelas 12 MIPA 2 MAN 5 Sleman.


Metode – Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif tindakan kelas dengan menggunakan analisis N-gain score. Uji N-gain score dilakukan dengan cara menghitung selisih antara nilai pretes (tes sebelum diterapkan metode penyajian video pendek mata pelajaran PPKn di kelas 12 MIPA 2 dan nilai posttest (tes sesudah diterapkan metode penyajian video pendek).


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian pada penelitian tindakan ini diperoleh 76 % peserta didik dapat meningkatkan pemahaman moderasi agama secara efektif, 20 % peserta didik tidak meningkat pemahamannya terhadap moderasi beragama, maka dari hasil tersebut dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan  penggunaan video pendek dan dapat meningkatkan pemahaman nilai moderasi beragama secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zulaichah, M. . (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Melalui Video Pondok Narimo dalam Pembelajaran PPKn Siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 303–307. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-19
Section
Articles

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Agama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan Balai Diklat Keagamaan Surabaya, 13(2), 12–23.
Anam, S., Degeng, I. N. S., Murtadho, N., & Kuswandi, D. (2019). The moral education and internalization of humanitarian values in pesantren. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 815–834. https://doi.org/10.17478/JEGYS.629726
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Intizar, 25(2).
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Idris, M. (2021). The Implementation Of Religious Moderation Values In Islamic Education And Character Subject At State Senior High School 9 Manado. Academy of Strategic Management Journal, 20(6), 1–18.
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137
Ma’arif, M. A. (2019). Zikir Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi: Studi Fenomenologi Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah Al-Usmaniyah di Pondok Pesantren Al-Fitrah Surabaya. Doctoral Thesis, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nur Adnan Saputra, M., Nurul Mubin, M., Minhajul Abrori, A., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109
Subhi, M. (2019). Promosi Toleransi dan Moderasi Beragama. Pustaka Masyarakat Setara.
Suteja, Sholehuddin, M. S., & Hania, I. (2022). The Value of Social Care Character Education Through Zikir Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah. EDUKASIA ISLAMIKA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 78–91.