Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Penerapan Mastery Learning
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran mastery learning pada peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Gunungkidul kelas XI IPS 2.
Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS 2 MAN 1 Gunungkidul, yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan tes. Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran Akidah Akhlak adalah 70. Dalam artian bahwa apabila banyaknya siswa yang memperoleh nilai ≥75 telah mencapai 80%, maka dapat dikatakan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas tersebut tuntas secara klasikal
Hasil – Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan di atas, menunjukkan bahwa keaktifan dari kondisi awal, siklus I, dan siklus I terus mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan persentase peserta didik yang keaktifannya dengan kategori rendah terus mengalami penurunan, yakni 75% (awal), 10% (siklus I), dan 0% (siklus II). Untuk yang kategorinya sedang dari 20% (awal), 83,33% (siklus I), dan 10% (siklus II). Sedangkan kategori tinggi dari 5% (awal), 6,67% (siklus I), dan 90% (siklus II). Adapun hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Persentase peserta didik yang belum tuntas mengalami penurunan dari awal dan akhir (dari 60% menjadi 0%. Persentase peserta didik yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari awal hingga akhir (dari 40% menjadi 100%).
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Cet. 3). Bumi Aksara.
Badriah, L., & Sholicha, R. A. (2016). Hubungan Kreativitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).24-33
Hasibuan, F. A., & Hutabarat, H. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Merumuskan Hipotesis Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sibolga. PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.31604/ptk.v2i1.22-29
Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen ….
Manalu, E. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Pebelajaran. Handayani, 2(1).
Permana S, P. T. H., Darmawiguna, I. G. M., & Kesiman, M. W. A. (2014). JA-KO Balinese Pizza: Game Edukasi Interaktif Jaringan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 3(2), 80–87. https://doi.org/10.23887/janapati.v3i2.9808
Ramadhan, F. E. N., & Suyanto, W. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKRB SMKN 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 1–14.
Rosyidi, A. W. (2014). Peningkatan Kualitas Pengajar Bahasa Arab Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Peuradeun2, 2(3), 198–210.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923
Wardhiana, I. K. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan. MIMBAR PGSD Undikshaha, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887