Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan memaparkan tentang Penelitian Tindakan Kelas, model-model penelitian tindakan kelas, dan bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru.
Metode – Secara deskriptif membahas tentang penelitian Tindakan Kelas, model-model penelitian tindakan kelas, dan bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Data diperoleh melalui literatur, buku, jurnal, laporan penelitian tentang penelitian tidakan kelas, dan review karya PTK dalam berbagai kegiatan ilmiah. Kemudian data diulas secara deskriptif untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan.
Hasil – Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Model-model PTK yang sering digunakan di dalam penelitian tindakan di antaranya adalah Model Kurt Lewin, Model Kemmis & McTaggart, model John Elliott, dan model Hopkins. Sedangkan cara melakukan penelitian tindakna kelas bagi para guru setidaknya terdiri dari empat langkah yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (perenungan).
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.
Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson/Merrill Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=FeZ6QgAACAAJ
Elliott, J. (2011). Reconstructing teacher education (Vol. 221). Routledge.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Given, L. M. (2008). The Sage encyclopedia of qualitative research methods. Sage publications.
Kememdikbud & Kepala Badan Kepegawaian Negara RI. (2010). PERATURAN BERSAMA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA NOMOR : 03/V/PB/2010 NOMOR : 14 TAHUN 2010 TENTANGPETUNJUK PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA (Issue May, pp. 1–29).
Kemendikbud. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Akdemik/Pankat Dosen (p. 69). RISITEKDIKTI.
Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R., Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.
Krajcik, J. S., Blumenfeld, P. C., Marx, R. W., & Soloway, E. (1994). A collaborative model for helping middle grade science teachers learn project-based instruction. The Elementary School Journal, 94(5), 483–497.
Lewin, K. (2007). Introduction to Action Research. Sage Publications Sage.
Mercer, N. (2010). The analysis of classroom talk: Methods and methodologies. British Journal of Educational Psychology, 80(1), 1–14.
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47–58.
Subadi, T. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Lesson Study (1st ed.). Muhammadiyah University Press.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.