6+Pro U Matsanaba Sebagai Manajemen Strategi MTsN 6 Bantul dalam Meningkatkan Mutu Madrasah
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 6+pro u matsanaba sebagai manajemen strategi MTsN 6 Bantul dalam meningkatkan mutu madrasah.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data juga dapat dikumpulkan melalui studi literatur dan analisis dokumen terkait dengan manajemen strategi dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsn 5 Bantul. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema dan pola dari data kualitatif. Sedangkan validitas dan reliabilitas data ditingkatkan melalui triangulasi data.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa program best-practices Pro U Matsanaba di MTsN 6 Bantul meliputi PTSP CERMAT (Pelayanan Satu Pintu Terpadu Cepat, Ramah, Mudah, Tuntas); IMAM (Imtaq Amaliyah Matsanaba); TAPBAH (Tahfidz Perspektif Khitobah); Matsanaba DICINTA DIHATI (Matsanaba mendidik dengan cinta, mendidik dengan hati); MBSP (Madrasah Bebas Sampah Plastik); PRESENTASI (Prestasi Setiap Siswa Setiap Hari); BUTERA (Budaya Literasi); PERAK (Pengajian Rutin Ahad Kliwon); SATRIA (Sabtu Ceria); dan MITRA (Menjalin Interaksi Jaringan Kerja). Program unggulan ini telah banyak membawa kemajuan MTsN 6 Bantul baik peningkatan mutu guru dan siswanya dengan capaian berbagai prestasi akademik serta non-akademik. Program ini juga akan terus dikembangkan melalui inovasi-inovasi baru sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan perkembangan zaman dan kemajuan di bidang teknologi.
Downloads
Article Details
References
Adha, M. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1794
Fitriatun, E. (2020). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN. Tawadhu, 4(1).
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130.
Imam Machali, A. H. (2018). The Hand Book Of Education Manajement. Jakarta: Prenadamedia Group.
Iskandar, J. (2017). Penerapan Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. IDAARAH: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 268–274. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4270
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.).
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.623
Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1).
Shobri, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 11–26. https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.32
Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Sumarto, S. (2016). Tugas profesional kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(02), 168–187.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Tejaningsih, E., Mudofir, M., & Makruf, I. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 218–230. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9096
Yahya, F. A. (2015). Problem Manajemen Pesantren, Sekolah. dan Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Ouput. El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 93–109. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6