Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Penilaian Portofolio
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI C MTs Negeri 8 Gunungkidul.
Metode – Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C MTs Negeri 8 Gunungkidul yang berjulah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi/pengamatan, dan dokumentasi, di mana data diperoleh dalam empat kali pertemuan, mulai dari menuangkan ide berdasarkan pengalaman, membuat kerangka cerita, mengembangkan berdasarkan struktur teks cerita pendek, penggunaan aspek kebahasaan, dan tahao editing teks.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian berbasis portofolio untuk kemampuan siswa dalam menulis teks cerita pendek dapat terpantau secara bertahap dan terbimbing. Pada setiap tahapnya peserta didik dapat mengetahui tingkat kemampuannya sehingga pada tahap akhir mereka sudah paham. Penilaian portofolio mempermudah guru dalam mengetahui tingkat kemampuan peserta dalam menulis cerita pendek. Selain itu, guru dapat mengetahui kemampuan siswa melalui sumber-sumber data yang diperoleh secara bertahap dan terstruktur melalui penilaian portofolio.
Downloads
Article Details
References
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran; Konsep dan Manajemen. In UNY Press.
Indriana, D. (2018). Evaluasi Pembelajaran dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah, 10(2), 34–52. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i02.1245
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Rajawali Press.
Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nurwahidah, S. F., Mustika, I., & Firmansyah, D. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Estafet Writing. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(September), 805–818.
Sauhenda, A. F., Harsiati, T., & Martutik, M. (2016). Pengembangan Asesmen Penugasan Menulis Teks Eksposisi dengan Rangsangan Masalah Autentik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 314–325. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6153
Setiamihardja, R. (n.d.). PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM LINGKUP PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI.
Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).
Supardi. (2015). Penilaian Autentik. Raja Grafindo.
Syafutra, D., & Samhati, S. (2017). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 4(4), 1–12.
Wahyudi. (2018). Penilaian Portofolio Sebagai Bentuk Penghargaan Guru Terhadap Hasil Belajar Dan Karya Siswa. Penelitian Universitas Kristen Saatya Wacara, July.
Widiani, N. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Implementasi Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Semarapura. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.23887/jpepi.v4i1.1362
Yuliani, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Fabel Dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i1.3246