Implementasi Teaching Factory dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produksi Hasil Nabati

Main Article Content

Imam Muttaqiem

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran Produksi Hasil Nabati dengan menggunakan model Teaching Factory Di Madrasah Technopreneur MAN 2 Kulon Progo.


Metode – Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemis dan McTaggart. Subjek penelitian MAN 2 Kulon Progo yang memiliki tingkat kemampuan yang heterogen. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan siklus penelitian PTK, yaitu Siklus I dan Siklus II.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam siklus 1 baik (61,33), sedangkan dalam siklus 2 sangat baik (91,33). Hasil belajar siswa meningkat, dengan 22 siswa tuntas dalam siklus 1 (81,5%) dan 100% siswa tuntas dalam siklus 2. Produk praktik siswa juga meningkat, dengan 81,5% produk layak jual dalam siklus 1 dan 100% dalam siklus 2. Kesimpulannya, model pembelajaran Teaching Factory efektif dalam mata pelajaran Produksi Hasil Nabati dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muttaqiem, I. (2023). Implementasi Teaching Factory dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produksi Hasil Nabati . Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 129–134. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-17
Section
Articles

References

Aqib, Z. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=F8-HDwAAQBAJ

Choirul, M., & Muhibbin, Z. (2017). Materi PAI Berbasis Technopreneurship di ITS Surabaya. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 126–138.

Isdarmini, A. (2020). Strategi Pembudayaan Technopreneur Menuju Madrasah Hebat di MAN 2 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 131–142.

Kusumasari, F. R. (2020). Implementasi Kurikulum Vokasional Berbasis Teknologi dalam Meningkatan Kompetensi Lulusan (Studi Kasus di MA Negeri 1 Ponorogo). IAIN PONOROGO.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Maliki, P. L., & Erwiansyah, A. (2020). Evaluasi Manajemen Pembelajaran di Madrasah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 24–37.

Murray, R., Wirkus, W. L., & Syahid, A. et al. (2017). Pengembangan Keterampilan Vokasional di Madrasah Aliyah. Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/41219/1/Achmad Syahid - Pengembangan Keterampilan Vokasional di Madrasah Aliyah.pdf

Muttaqien, I. (2020). Pengembangan Entrepreneurship pada Program MA Keterampilan melalui Inovasi Model Pembelajaran Teaching Factory di MAN 2 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 231–242. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-11

Rahmadani, R., & Rifa’i, M. N. (2022). Pengembangan Media LKPD Berbasis Software Liveworksheet Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Kelas XI di MAN 1 Oku Timur. JECO: Journal of Economic Education and Eco Technopreneurship, 1(2), 46–54.

Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., Wijaya, L. K., Wasil, M., & Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.2574

Toriqul Arif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. Addabana : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–75.