Kedisiplinan Siswa Sebagai Pendidikan Karakter di Lingkungan Madrasah
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa sebagai pendidikan karakter di lingkungan MTsN 5 Bantul.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data juga dapat dikumpulkan melalui studi literatur dan analisis dokumen terkait dengan implementasi pembiasaan disiplin di MTsN 4 Bantul. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema dan pola dari data kualitatif, serta teknik analisis kuantitatif seperti statistik deskriptif untuk menganalisis data kuantitatif yang terkumpul dari angket siswa. Sedangkan validitas dan reliabilitas data ditingkatkan melalui triangulasi data.
Hasil – Hasil studi kasus menunjukkan bahwa program pembiasaan disiplin siswa berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa dan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk belajar. Selain itu, pembiasaan disiplin siswa juga dapat membantu siswa membangun karakter yang kuat, seperti tanggung jawab, ketekunan, dan kerja keras. Secara keseluruhan, studi kasus ini menunjukkan bahwa pembiasaan disiplin siswa merupakan salah satu metode yang efektif dalam pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Bantul. Dalam jangka panjang, pendidikan karakter melalui pembiasaan disiplin siswa dapat membantu siswa menjadi individu yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki karakter yang baik.
Downloads
Article Details
References
Agustina, L., Daharnis, & Hariko, R. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Peran Konselor Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. Jurnal Education, Volume 3 N(June).
Astina, & Rahman. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Ilmu Ashwat. Jurnal Ilmiah Studi Islam, 3(2), 35–44.
Aziz, M. (2016). Metode Pendidikan Karakter Disiplin di SMKN 1 Bulakamba Brebes. Skripsi, IAIN Purwokerto.
Dafik, Y., & Hamidah, N. (2019). Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(2), 238–248.
Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1792
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/KONTEKSTUAL.V2I01.246
Mubin, M. N., Ikhasan, B. M. N., & Putro, K. Z. (2021). Pendekatan Kognitif Sosial Perspektif Albert Bandura pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edureligia, 5(1), 91–103. ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia
Naim, N. (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Ar-Ruzz Media.
Ni Putu Suwardani. (2020). “QUO VADIS” PENDIDIKAN KARAKTER dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. In UNHI PRESS.
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V6I1.26912
Yulianti, E., & Eka, S. (2021). Penerapan Disiplin Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145–158.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktek. UNY Press.