A Case Study: Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kulon Progo
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah upaya dalam meningkatkan kinerja guru yang dilakukan oleh Kepala Madrasah MTsN 4 Kulon Progo.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian dalam peneilitian ini adalah guru-guru MTsN 4 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan lembar angket. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan menggunakan teknik atau metode deduktif.
Hasil – Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepala madrasah telah melakukan upaya untuk meningkatkan kinerja guru, seperti memberikan contoh teladan yang baik, penempatan yang tepat sesuai kualifikasi dan kemampuan guru, pemberian motivasi, dan pembinaan dan pengembangan. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti penempatan guru yang tidak sesuai kualifikasi dan kemampuan, serta perlu ditingkatkan lagi pemberian motivasi. Kepala madrasah juga perlu meningkatkan kemampuan mereka dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru haruslah holistik dan terus ditingkatkan dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru.
Downloads
Article Details
References
Anwar, M. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru di Madrasah Aliyah Negeri Buleleng Bali. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 281–290.
Asfar, A. M. irfan T. A. & andi muhammad iqbal. (2019). TEORI BEHAVIORISME ( Theory of Behaviorism ). Researchgate, February, 0–32.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Budianti, E., Farhan, M., & Sahroni, M. (2021). Implementation and Implications 0f Worship Habitation in Basic Educational Setting (a Case Study of Worship Habituation Effort at SDN 2 Yogyakarta Gading Rejo Pringsewu). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 143–156. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.8439
Haningsih, S. (2014). Implementasi Program Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Budaya Akademik di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran (MASPA) Sardonoharjo Ngaglik Sleman DIY. El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 27–40.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Miles, M. B., & Huberman, A. Michael , Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 4th Edition. Sage Publications.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rusman. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Sriwidodo, U., & Haryanto, A. B. (2010). Pengaruh kompetensi, motivasi, komunikasi dan kesejahteraan Terhadap kinerja pegawai dinas pendidikan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 47–57.
Suryadi. (2022). Kesejahteraan Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56013/alashr.v1i1
Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/MP.V5I1.265
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 1–17.