Pemanfaatan Limbah An-Organik Sebagai Karya Busana: Studi Kasus di MAN 2 Kulon Progo
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengajaran kepada siswa terkait pemanfaatan limbah sampah an-organik sebagai bahan karya busana untuk meningkatkan pemahaman tentang keberlanjutan dan peduli lingkungan di MAN 2 Kulon Progo.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 2 Kulon Progo. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini siswa-siswi kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dari Milles & Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil – Limbah an-organik dari perca kain dan limbah plastik bisa ditingkatkan kualitasnya dengan cara (recycle) menjadi karya busana yang bernilai ekonomis. Dalam meningkatkan kualitas limbah an-organik menjadi karya busana yang bernilai ekonomis diperlukan kreatifitas siswa dan guru pembimbing,sehingga akan tercipta suatu karya yang memuaskan. Oleh karena itu, dalam mengelola limbah untuk mewujudkan madrasah yang berwawasan lingkungan perlu dukungan seluruh warga madrasah.Sehingga akan tercipta lingkungan madrasah yang bersih dan asri, sehingga akan memberikan suasana yang sehat, dan nyaman untuk beraktifitas.
Downloads
Article Details
References
Agusti, R. S., Lubis, H., & Suliyanthini, D. (2014). Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah di Wilayah Babakan Madang Sentul Melalui Pogram Pelatihan Pembuatan Produk Kerajinan Dari Limbah An-Organik. Sarwahita, 11(2), 130–133.
Al-Rasyidin. (2013). Percikan Pemikiran Pendidikan dari Filsafat Hingga Praktik Pendidikan. Cita Pustaka Media Perintis.
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher (Issue September). Aura Publisher.
Mawaddah, D. (2019). Pemberdayaan anak jalanan melalui pengolahan limbah kertas di Yayasan Nara Kreatif. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Syarif ….
Miles, M. B., & Huberman, A. Michael , Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 4th Edition. Sage Publications.
Mithen, M., & Arfandi, A. (2020). Pembelajaran Lingkungan Hidup yang Inovatif. Gunadarma Ilmu.
Mulyasri, D. (2010). Kenakalan Remaja Ditinjau dari Persepsi Remaja Terhadap Keharmonisan Keluarga dan Konformitas Teman Sebaya (Studi Korelasi Pada Siswa SMA Utama 2 Bandar Lampung). UNS (Sebelas Maret University).
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1). https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902
Rahmani, N. F., & Rahiem, M. D. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 12–25.
Rambe, A. (2015). IbM Usaha Penjahit Busana Wanita dalam Pembuatan Aksesoris dari Limbah Kain Perca. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(82), 1–6.
Shanta, R., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Lingkungan di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).
Taufiq, A. (2015). Sosialisasi Sampah Organik dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(1), 68–73.
Wihardjo, R. S. D., & Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. Penerbit NEM.
Zuhairini. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.