Pembuatan Teks Prosedur dalam Format Video Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa MTsN 5 Sleman

Main Article Content

Marfidah Marfidah

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi penugasan pembuatan teks prosedur dalam format video sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII MTsN 5 Sleman.


Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis tematik untuk data kualitatif dan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dari angket siswa. Validitas dan reliabilitas data ditingkatkan melalui triangulasi data dan analisis dokumen terkait implementasi pembiasaan disiplin di MTsn 5 Sleman.


Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemecahan masalah dalam mengembangkan keterampilan siswa kelas VII MTsN 5 Sleman melalui pembuatan video praktik memperagakan teks prosedur. Proses pembuatan video melibatkan beberapa tahap, termasuk mengembangkan ide atau tema teks, menyusun skenario video, pemilihan pemeran, latihan dialog dan akting, menentukan waktu dan lokasi pengambilan gambar, melakukan pengambilan gambar, mengedit hasil pengambilan gambar, dan menyerahkan tugas melalui OneDrive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa meningkat melalui pembuatan video praktik memperagakan teks prosedur, dan siswa didorong untuk mandiri dalam berkreasi. Mereka dapat membuat video secara mandiri, dan produktivitas yang mandiri menghasilkan kreasi yang terdokumentasi dalam bentuk video yang tersimpan di OneDrive

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marfidah , M. . (2023). Pembuatan Teks Prosedur dalam Format Video Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa MTsN 5 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-04
Section
Articles

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83–92. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.26373

Dahniar. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 136–158.

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Rajawali Press.

Qorib, A., & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98.

Rosdiana, R., Budiana, S., Mahajani, T., & Talitha, S. (2022). Penerapan HOTS pada Soal-soal Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1065–1074. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1065-1074.2022

Sauhenda, A. F., Harsiati, T., & Martutik, M. (2016). Pengembangan Asesmen Penugasan Menulis Teks Eksposisi dengan Rangsangan Masalah Autentik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 314–325. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6153

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah, 6(2), 137–143.

Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).