Digital Culture dan Smart Madrasah dalam Implementasi Program Pembelajaran sebagai Madrasah Aliyah Riset dan Teknologi

Main Article Content

Nasrudin Nasrudin

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan digital culture dan smart madrasah dalam implementasi program pembelajaran sebagai Madrasah Aliyah riset dan teknologi di MAN 1 Pasuruan.


Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data juga dapat dikumpulkan melalui studi literatur dan analisis dokumen terkait dengan implementasi pembiasaan disiplin di MAN 1 Pasuruan. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema dan pola dari data kualitatif, serta teknik analisis kuantitatif seperti statistik deskriptif untuk menganalisis data kuantitatif yang terkumpul dari angket siswa. Sedangkan validitas dan reliabilitas data ditingkatkan melalui triangulasi data.


Hasil – Hasil studi kasus menunjukkan bahwa konsep digital culture dan smart city yang digaungkan oleh pemerintah dan Kemenag RI dalam rangka menyongsong era Industri 4.0 dan Society 5.0 telah diejawantahkan secara praktis oleh MAN 1 Pasuruan dalam program-programnya. Sebagai Madrasah Riset dan Teknologi, MAN 1 Pasuruan secara nyata telah mengimplementasikan beberapa program yang memenuhi kriteria digital culture dan smart city. Oleh karena itu, tidak berlebihan bila MAN 1 Pasuruan menyatakan diri telah memiliki karakter digital culture dan mampu berperan sebagai pionir smart madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasrudin, N. (2023). Digital Culture dan Smart Madrasah dalam Implementasi Program Pembelajaran sebagai Madrasah Aliyah Riset dan Teknologi . Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-03
Section
Articles

References

Atiya, H., Syamsiyah, S. R., Iailiyah, S., & Arifin, M. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Terhadap Prestasi Matematika Siswa SD di Era Pandemi Covid-19. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 141–152. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3019

Bahri, S. (2019). Pendidikan Madrasah Berbasis 4.0 dalam Bingkai Manajemen Mutu. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 115–154.

Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39–51.

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Haniah, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588

Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education Research, 1(02). https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24

Machali, I. (2019). Kebijakan Pendidikan Islam dari Masa ke Masa: Dari Kebijakan Diskriminatif Menuju Kebijakan Berkeadilan. NADWA Jurnal Pendidikan Islam, 3.

Munib, M., Farida, S., Badruttamam, B., Z, F., & Thoyyibah, W. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Aliyah (MA) Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 32–46.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.

Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2616

Paramansyah, A. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Almuqsith Pustaka.

Samsinar, S. (2020). Mobile learning: Inovasi pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Al-Gurfah : Journal of Primary Education, 1(1), 41–57.