Pendekatan Kolaboratif dalam Supervisi: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di MA Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru MA Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa melalui supervisi pembelajaran denan pendekatan kolaboratif.
Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 60 guru di MA Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data dilakukan setelah instrumen terpilih digunakan untuk menguji hipotesis. Keberhasilan tindakan dilihat dari rata-rata persentase >75% pada setiap indikator dan hasil supervisi guru ≥85% dari jumlah guru yang disupervisi.dikatakan meningkat apabila hasil supervisi guru ≥85% dari jumlah guru yang disupervisi.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data observasi lapangan supervisi lanjutan dengan sampel 10 orang guru dan diperoleh data 10 orang guru (100%) yang melaksanakan pembelajaran kontekstual, kebermaknaan, humanis, metakognitif, dan moderat. 10 guru (100%) melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21, 8 orang guru (80%) melaksanakan pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan Saintifik, 10 guru (100%) melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan/atau sumberdaya yang tersedia di sekitar lingkungan belajar, dan 10 guru (100%) melakukan penilaian proses dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kompetensi profresional guru Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa melalui supervisi pembelajaran dengan pendekatan kolaboratif.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Mutahajar, M. (2019). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela. Bintang, 1(3), 282–303.
Rukayah, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 37–46.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Sari, A. I., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1175
Sudjana, N. (2009). Penelitian Tindakan Kepengawasan (Konsep dan Aplikasinya bagi pengawas Sekolah). Binamitra Publishing.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Toriqul Arif, M. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. Addabana : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–75.
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.957
Wandra, D., Marsidin, S., & Rifma, R. (2021). Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3647–3653.