Menuju Madrasah Ibtidaiyah Unggulan: Strategi dan Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian pustaka ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dalam menciptakan madrasah ibtidaiyah yang unggul.
Metode – Penelitian pustaka tentang strategi menciptakan madrasah ibtidaiyah unggul dan berkualitas menggunakan metode studi literatur atau deskriptif-analitis, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai strategi yang dapat digunakan oleh MI untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Studi literatur dilakukan melalui pencarian literatur terkait dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, artikel, dan publikasi lainnya yang relevan dengan pengembangan MI. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mengidentifikasi tema dan pola-pola tertentu yang muncul dalam literatur tersebut. Hasil analisis kemudian disusun dalam bentuk ringkasan, sintesis, dan kesimpulan yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI.
Hasil – Hasil penelitian adalah pengembangan MI perlu diarahkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang bermutu. Untuk itu perlu berusaha keras untuk meraih prestasi baik akademik maupun non akademik, madrasah harus mempunyai terobosan/kiat-kiat untuk menciptakan madrasah ibtidaiyah unggul sebagai berikut: (1) Melaksanakan Manajemen Berbasis Madrasah; (2) Pembentukan nilai–nilai Karakter Siswa; (3) Mengadakan muatan lokal; (4) Berani mengadakan ektrakurikuler, life skill yang spesifik dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari; (5) Menghindari kepemimpian sentralitas figur; (6) Mencetak guru super dari madrasah itu sendiri; (7) Memberdayakan perpustakaan; (8) Madrasah mengadakan lomba rutin; (9) Sarana dan prasarana yang lengkap; (10) Promosi madrasah.
Downloads
Article Details
References
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393.
Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang pengembangan madrasah unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2).
Darliana, A. (2022). Studi Analisis Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MI NU Matholi’ul Falah Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. IAIN KUDUS.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.
Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education Research, 1(02). https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137
Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.623
Makruf, I., & Anisatul Barokah. (2020). Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aktivitas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 39–58. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.03
Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101–109.
Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan islam (studi kasus pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51.
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Pebriana, I. G., Sunarya, I. G. M., Arthana, I. K. R., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengembangan Media Film Pembelajaran Fisika Pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Banjar. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3(5), 1–15. https://doi.org/10.23887/karmapati.v3i5.19888
Riahmatika, I., & Widhiastuti, R. (2019). Peran Self-Efficacy dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Kesejahteraan Guru, Figur Guru Panutan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kesiapan Berkarir Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 983–1000.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Sidiq, U. (2018). Manajemen Madrasah. Ponorogo, Cv Nata Karya.
Suharyanto, S. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 2.
Sukron, M. (2021). Manajemen Profesional Guru Madrasah Di Abad 21. Indonesia Emas Group.
Winarni, S., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2019). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X SMK N 2 Kepahiang. IAIN Curup.