Peningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran melalui Supervisi Klinis di MI Miftahul Ulum Sarang
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran melalui supervisi klinis dan menerapkan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran guru MI Miftahul Ulum Sarang Bantul, D.I Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dimana subjek dan objek penelitian ada sembilan guru yaitu enam guru kelas dan tiga guru bidang studi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar wawancara. Adapun kreteria sebagai analisi data dan hasil tindakan adalah sebagai berikut: 91-100 berarti amat baik, 81- 90 berarti baik, 71-80 berarti cukup dan 61-70 berarti kurang.
Hasil – Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kemampuan awal dengan kreteria rata-rata kurang, setelah diadakan perbaikan pada siklus pertama diperoleh hasil dengan rata-rata kreteria masih kurang namun setelah diadakan perbaikan dengan siklus dua pertemuan dua kali pertemuan rata – rata dari 79% menjadi 80% sedangkan rata-rata Siklus II dari 80,83 meningkat menjadi 83,33% dan semua guru mencapai kriteria baik sehingga dapat kita ambil simpulan bahwa supervisi klinis memperoleh hasil baik sekali.terdapat peningkatan kemampuan kompetensi guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kondisi awal sekolah yaitu terjadi peningkatan pada siklus dua pertemuan, dengan menggunakan supervisi klinis.
Downloads
Article Details
References
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Imam Machali, A. H. (2018). The Hand Book Of Education Manajement. Jakarta: Prenadamedia Group.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Ini, I. N., & Komariyah, L. (2021). Pengaruh Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Dan Revitalisasi Fungsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di Lima Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 84–93.
Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 160–168.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Maliki, P. L., & Erwiansyah, A. (2020). Evaluasi Manajemen Pembelajaran di Madrasah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 24–37.
Saputra, M. N. A., Mubin, M. N., Abrori, A. M., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal Di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I, 183–190.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Ula, D. M., & Lestari, I. (2019). Imbas Sistem Zonasi Bagi Sekolah Favorit dan Masyarakat. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019.
Yuliana, S. P. M. (2021). Penguatan Manajemen Kenaikan Pangkat Berbasis Team Effectiveness Untuk Guru SMP Negeri 30 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 7(1), 269–276. https://doi.org/10.1201/9780849387937.ch27
Zazkia, S. A., & Hamami, T. (2021). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH DINAMIKA POLITIK PENDIDIKAN DI INDONESIA. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.524