Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Penerapan Model Think Talk Write

Main Article Content

Warih Handayani

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejahu mana peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada materi persamaan garis lurus dengan penerapan model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII A MTsN 2 Bantul.


Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes.  Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas VIII A MTsN 2 Bantul. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif dengan indikator keberhasilan sebesar 75%.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus I menunjukkan skor keaktifan siswa sebesar 53,39. Pada siklus II 78,13. Dengan demikian terjadi peningkatan pada keaktifan sebesar 24,74. Maka model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan untuk hasil belajar pada akhir siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 70,05 dengan persentase ketuntasan belajar 70,83%. Pada siklus II 80,21 dengan persentase ketuntasan belajar 91,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 11,46%. Maka model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Article Details

How to Cite
Handayani, W. . (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Penerapan Model Think Talk Write. Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 79–85. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-11
Section
Articles

References

Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 127–132.

Hernawati, K. (2009). Membuat Quiz/Evaluasi Dengan WonderShare Quiz. In PPM Jurdik Matematika (Vol. 1, Issue November).

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan, 12(2), 152–172.

Karim, A. (2017). Pengaruh Metode Mencongak Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 151–158. https://doi.org/dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2472

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Malikhah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Melalui Model Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 95–106.

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Santi, V. M., Notodiputro, K. A., Indahwati, I., & Sartono, B. (2022). Restricted Maximum Likelihood Estimation For Multivariate Linear Mixed Model In Analyzing Pisa Data For Indonesian Students. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 16(2), 607–614.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117.