Efektivitas Workshop dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Soal HOTS MTsN 6 Kulon Progo

Main Article Content

Zainuri Zainuri

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas workshop dalam meningkatkan kemampuan atau kompetensi guru dalam menyusun soal HOTS di MTsN 6 Kulon Progo.


Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 guru MTsN 6 Kulon Progo, Penelitian ini ditempuh melalui Penelitian Tindakan dengan siklus-siklus di dalamnya. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan mengacu pada desain Kemis dan Mc Taggart yang meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.


Hasil – Hasil dari penelitian menunjukan workshop tersebut dilaksanakan pada Semester 1 tahun Pelajaran 2021-2022 dan berhasil meningkatkan tingkat pencapaian kompetensi Guru dalam menyusun Soal HOTS sebesar 80%. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi membentuk kepanitiaan Workshop, merencanakan pelaksanaan kegiatan Workshop, melaksanakan kegiatan Workshop, menugaskan Guru menyusun soal HOTS sesuai dengan materi yang didapatkan, mempresentasikan hasil kerja pembuatan soal HOTS, dan mengujicobakan soal HOTS pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zainuri, Z. (2023). Efektivitas Workshop dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Soal HOTS MTsN 6 Kulon Progo. Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 73–78. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-10
Section
Articles

References

Al Amien, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Soal HOTS melalui Workshop di MTs Negeri 5 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 143–150.

Dasilva, B. E., & Suparno. (2019). Development of The Android-Based Interactive Physics Mobile Learning Media ( IPMLM ) to Improve Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) of Senior High School Students Development of The Android-Based Interactive Physics Mobile Learning Media ( IPMLM ) to Im. Journal of Physics: Conference Series, 1, 1–16. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012010

Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.

Laila, N. (2019). Meningkatkan kemampuan guru IPS dan PPKN dalam menyusun soal HOTS melalui workshop di kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 19–24.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru dalam Menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru). JPMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1

Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bahasa Indonesia dalam Ujian Sekolah SMP Negeri 4 Dumai. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582.

Rosdiana, R., Budiana, S., Mahajani, T., & Talitha, S. (2022). Penerapan HOTS pada Soal-soal Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1065–1074. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1065-1074.2022

Sabarudin, S., Mubin, M. N., Arifin, Z., Maulida, W., & Asror, A. M. (2022). How Lecturers, Supervisors, and MGMP PAI Collaborate in Sustainable Professional Development (PKB): an Observation in Sleman Regency. Ta’dib, 25(2), 214. https://doi.org/10.31958/jt.v25i2.5750

Warits, A. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman.

Wulandari, N., Watinah, A., & Wikanengsih, W. (2019). Implementasi HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Soal Bahasa Indonesia Disusun Oleh Guru Kelas VII SMP. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 1043–1052. https://doi.org/10.22460/p.v2i6p%25p.3300

Yin, N. H., & Ahmad, M. Z. (2021). Secondary school english teachers’ knowledge and practice on cefr-aligned english curriculum. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 36(1). https://doi.org/10.21315/apjee2021.36.1.5