Transformasi Digital Literasi Madrasah Melalui Smart Library MINSATA di MIN 1 Yogyakarta: Sebuah Studi Kasus
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program smart library di MIN 1 Yogyakarta sebagai bentuk tranformasi digital literasi di sebuah madrasah.
Metode – Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hal ini ditekankan guna mendeskripsikan suatu program SMART LIBRARY yang dilakukan oleh MIN 1 Yogyakarta. Objek utama dari penelitian ini adalah siswa dan pustakawan Ulil Albab MIN 1 Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dari kegiatan smart library. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hal tersebut bertujuan untuk menemukan dan membangun pemahaman terhadap alur kerja dan mendapatkan data secara akurat, tepat dan empirik.
Hasil – Program SMART LIBRARY adalah layanan digital literasi madrasah yang terdiri dari lima program unggulan, yaitu SUPERSTAR, Menikmati buku 1 JP, Angkong Buku, Raja dan Ratu Buku, serta Telusur Buku melalui aplikasi SMART LIBRARY MINSATA. Program ini memberikan bimbingan dan konsultasi untuk mewujudkan karya literasi guru dan siswa, serta membantu siswa untuk membaca dengan baik, memahami berbagai bentuk karya sastra, dan menggunakan waktu luang untuk membaca. Dampak positif dari penerapan program SMART LIBRARY terlihat dalam perkembangan prestasi siswa MIN 1 Yogyakarta.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.
Enlevi, S., & Masruri, A. (2023). SMART LIBRARY Antara Kontestasi Atau Kolaborasi Dengan Google Dalam Menghadapi Digital Native. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 5(1), 97–110.
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130.
Hasan, H. (2022). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(2), 111–117.
KBBI. (n.d.). No Title. https://kbbi.web.id/internalisasi
Miles, M. B., & Huberman, A. Michael , Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook 4th Edition. Sage Publications.
Mushoffa, A. (2020). Manajemen Perencanaan Strategik Dalam Pengembangan Madrasah Literat Di MIN 1 Kota Madiun. IAIN Ponorogo.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Puspa, M., Milama, B., & Sholihat, R. N. (2021). Persepsi Calon Guru Kimia Mengenai Literasi Digital Sebagai Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2849–2863. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.28394
Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123. https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852
Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Schmoker, M. (2012). Menjadi Guru Efektif. Erlangga.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Esensi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342.