Menuju Madrasah Unggul dan Berprestasi: Penerapan Manajemen Partisipatif dan Kolaboratif di MIN 2 Bantul

Main Article Content

Siti Fatimah

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mewujudkan madrasah unggul dan berprestasi melalui manajemen partisipatif dan kolaboratif di MIN 2 Bantul.


Metode – Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendeketan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, observasi dan dokumetasi. Terakhir, analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data dengan triangulasi sebagai kroscek keabsahan data.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian manajemen pembiasaan partisipatif-kolaboratif menunjukkan adanya perubahan seperti dari segi sarana dan prasana, disiplin guru dan siswa, gerakan literasi madrasah, branding madrasah, manajemen madrasah, hasil rata-rata ujian siswa yang meningkat, dan program penghijauan. Oleh karena itu, selalu mengevaluasi setiap program atau kegiatan yang kurang memadai setelah terealisasi dan sudah terpenuhi sudah seharusnya bisa mengelola dan memanfaatkanya sesuai dengan peruntukanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fatimah, S. . (2023). Menuju Madrasah Unggul dan Berprestasi: Penerapan Manajemen Partisipatif dan Kolaboratif di MIN 2 Bantul. Indonesian Journal of Action Research, 2(1), 143–149. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-19
Section
Articles

References

Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Anwar, M. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru di Madrasah Aliyah Negeri Buleleng Bali. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 281–290.

Asfar, A. M. irfan T. A. & andi muhammad iqbal. (2019). TEORI BEHAVIORISME ( Theory of Behaviorism ). Researchgate, February, 0–32.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.

Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education Research, 1(02). https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137

Maimun, A., & Fitri, A. Z. (2010). Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. UIN-Maliki Press.

Maliki, P. L., & Erwiansyah, A. (2020). Evaluasi Manajemen Pembelajaran di Madrasah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 24–37.

Mubin, M. N., Ikhasan, B. M. N., & Putro, K. Z. (2021). Pendekatan Kognitif Sosial Perspektif Albert Bandura pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edureligia, 5(1), 91–103. ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., & ... (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, &collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu …. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810

Solikhin, & Satibi. (2021). Manajemen Berbasis Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan di MI Ma’arif Plus Jatinegara Sempor Kebumen [eprints.iainu-kebumen.ac.id]. http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/247/

Sugiyono. (2016). Metode Peneltian Pendidikan. Alfabeta.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Widodo, K. S. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Partisipatif Integratif Kolaboratif (Pikola) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Fisika Sma. Educational Management, 4(2), 116–124.