Konversi Agama: Pengamalan Pancasila Sila Pertama di MTs Negeri 5 Sleman
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi psikologis tentang pengamalan Pancasila sila pertama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Sleman dengan fokus pada fenomena konversi agama.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Partisipan penelitian adalah siswa-siswa MTs Negeri 5 Sleman sebanyak 128 siswa kelas IX yang memiliki beragam tingkat pengamalan sila pertama Pancasila. Data yang diperoleh akan dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola, tema, dan aspek psikologis yang relevan dengan pengamalan sila pertama Pancasila. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan lembar penilaian berdasarkan komponen yang dinilai. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data dengan model interaktif yang aktivitas dalam analisis datanya meliputi prosedur berikut, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil – Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan sholat baik di rumah maupun di madrasah ada peningkatan. Untuk sholat dirumah sebesar 14,02%, sedangkan pelaksanaan sholat di madrasah 20,31%. Peran orangtua secara aktif dalam menjalankan ibadah sebesar 59,37% selalu mengingatkan/mengajak untuk melaksanakan sholat. Ditemukan juga data bahwa untuk taddarus dirumah mengalami penurunan dari 32,81% menjadi 21,87%.
Downloads
Article Details
References
Akhmadi, A. (2022). Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ’Alamin. Jurnal Perspektif, 15(2), 121–131.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.
Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.
Darajat, Z. (2003). Ilmu Jiwa Beragama. Jakarta: Bulan Bintang.
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130.
Hasanah, L., Bahi, N., Nurvianti, N., & ... (2022). Implementasi Nilai Pancasila Pada Sila Pertama Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Dian Karuna. Jurnal …, 6(02), 585–593. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/6894%0Ahttp://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/6894/3090
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137
Mubin, M. N., Ikhasan, B. M. N., & Putro, K. Z. (2021). Pendekatan Kognitif Sosial Perspektif Albert Bandura pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edureligia, 5(1), 91–103. ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia
Mulyadi. (2019). Konversi agama. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, UIN Imam Bonjol Padang, IX(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1618
Nasril. (2015). Melacak Konsep Konversi Agama. Al-Irsyad: Jurnal Ilmiah Dakwah Dan Konseling Islam, 6(1), 24–42.
Rube’i., M. A & Utami, D. (2018). Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas Xi Sma Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2, 309–318.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (T. Wibowo (ed.)). Kencana Media Group.
Sudjana, N. (2009). Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Binamitra Publishing.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Suteja, Sholehuddin, M. S., & Hania, I. (2022). The Value of Social Care Character Education Through Zikir Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah. EDUKASIA ISLAMIKA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 78–91.
Zakiyah, Z. (2012). Kitab al-Sanī al-Maṭālib: Interkoneksi Nahwu dan Tasawuf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 371–390. https://doi.org/10.21580/ws.20.2.204