Implementasi Canva dalam Digitalisasi Mata Pelajaran Seni Budaya di Madrasah Tsanawiyah
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Canva dalam digitalisasi mata pelajaran seni budaya pada siswa kelas VIIIB MTsN 1 Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru seni budaya dan siswa kelas VIIIB di MTsN 1 Yogyakarta yang menggunakan Canva dalam pembelajaran mereka. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis konten digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Validitas data diperoleh melalui triangulasi data dari berbagai sumber.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam pembelajaran seni budaya di MTsN 1 Yogyakarta meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi. Guru dapat efektif menyampaikan materi seni rupa melalui aplikasi Canva, terutama dalam pembuatan poster dan komik. Implementasi Canva didukung oleh program Madrasah Digital dari Kementerian Agama, melibatkan komitmen, dukungan, partisipasi, dan pendanaan. Inovasi pembelajaran Canva menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni budaya di era digital, mengatasi kendala dalam pendidikan, dan menjawab tuntutan zaman yang semakin maju. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan rekomendasi bagi guru dalam menggunakan Canva sebagai alat bantu pembelajaran di masa depan. Implementasi Canva dalam pembelajaran seni budaya di MTsN 1 Yogyakarta adalah contoh bagaimana inovasi pendidikan dapat mengatasi kendala dan menjawab tuntutan zaman.
Downloads
Article Details
References
Alfianto, F., Florentinus, T. S., & Utomo, U. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Apresiasi Seni Musik Materi Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 3(2).
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82.
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Asfar, A. M. irfan T. A. & andi muhammad iqbal. (2019). TEORI BEHAVIORISME ( Theory of Behaviorism ). Researchgate, February, 0–32.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1081–1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094
Kusumastuti, E. (2010). Pendidikan Seni Tari Melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2).
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran canva dalam meningkatkan kompetensi guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1085–1092.
Nisa, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Dalam Pembelajaran Qowa’id Di Madrasah Salafiyah Iii PP Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Putri, D. D. (2020). Perencanaan Fasilitas Taman Kanak-Kanak Berbasis Pedagogi Reggio Emilia di Kota Bandung. Tesis: Intsitut Teknologi Bandung.
Samsinar, S. (2020). Mobile learning: Inovasi pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Al-Gurfah : Journal of Primary Education, 1(1), 41–57.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Syamsualam, S., Irfan, I., & Patimari, S. (2019). Kelayakan isi buku teks seni budaya kurikulum 2013 smp/mts kelas viii ditinjau dari aspek pembelajaran seni rupa. Jurnal Pakarena, 4(1), v4i1.