Problematika Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Pada Era Post-Pandemic Covid-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Pada studi ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran matematika pada era post pandemic Covid-19 di MAN 1 Kota Tasikmalaya.
Metode– Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Case Study atau studi lapangan dengan sumber data primer diperoleh melalui wawancara. Pengumpulan data juga melalui literacy studies dengan sumber data kedua yang diperoleh melalui literatur juga penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan interaktif yaitu terdiri dari kolektif data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil – Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika pada era post pandemic Covid-19 di MAN 1 Kota tasikmalya mempunyai problematika dari pendidik maupun peserta didi. Permmasalahan dari pendidik berupa pendekatan dan strategi pembelajaran guru yang kurang tepat dan bervariasi cenderung monoton, Permasalahan dari peserta didik yaitu kurangnya minat belajar, pemahaman konsep pada materi prasyarat yang lemah, masih rendahnya partisipasi pada pembelajaran yang berakibat pada rendahnya hasil belajar. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan melalui penggunaan media yang tepat dan sesuai dengan model dan metode pembelajaran matematika. Hal tersebut yang dapat menumbuhkan minat, partisipasi peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Downloads
Article Details
References
Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/SAP.V6I1.9311
Ayu, C., Permata, M., Kristanto, Y. D., & Artikel, I. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279–291. https://doi.org/10.33603/JNPM.V4I2.3877
Beladina, N., Suyitno, A., & Khusni, K. (2013). Kefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/UJME.V2I3.3363
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.
Fahmi, S., & Noviani, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.14421/QUADRATIC.2021.012-05
Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.2260
Gates, P. (2001). Issues in mathematics teaching. Psychology Press.
Kamsinah, K. (2022). Problematika dan Solusi Pembelajaran Matematika pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3214–3231.
Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). In Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Lazwardi, A., Nurmeidina, R., Ilmi, A., Monica, S., & Muhammadiyah Banjarmasin, U. (2022). Pelatihan Aplikasi Geogebra Android bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Barito Kuala. Madaniya, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.53696/27214834.145
Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal Terghadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 160–167. https://doi.org/10.26618/SIGMA.V13I2.6419
Monica, A. (2020). Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 344–360. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V1I3.168
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/GAUSS.V3I1.2127
NCTM Responds to 2022 Math NAEP Results. (n.d.). Retrieved October 27, 2022, from https://www-nctm-org.translate.goog/News-and-Calendar/News/NCTM-News-Releases/NCTM-Responds-to-2022-Math-NAEP-Results
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya - diedit.com. (n.d.). Retrieved October 28, 2022, from https://www.diedit.com/skala-likert/
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 68–84.
Poerwadarminta, W. . (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Septiani, E., Erni, E., & Izzatika, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 31–38. https://doi.org/10.23960/PDG.V9I1.23169
Sumarmi, D. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Jurnal Sinektik, 5(1), 67–75. https://doi.org/10.33061/JS.V5I1.7434
Wahyuningsih, K. S., Bagus, G., & Denpasar, S. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA DHARMA PRAJA DENPASAR. PANGKAJA: JURNAL AGAMA HINDU, 24(1), 107–118. http://103.207.96.36:8056/ojs2/index.php/PJAH/article/view/2185
Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GENERASI MILENIAL Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Scopindo Media Pustaka, September, 177.