Model Pembelajaran LOK-R Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Main Article Content

Evi Effrisanti

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat model pembelajaran LOK-R dalam upaya mengintegrasikan pendidikan keterampilan literasi digital dalam pembelajaran.


Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang didasarkan pada studi literatur terkait Model Pembelajaran LOK-R dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. Melalui pendekatan ini, peneliti mengumpulkan, mengkaji, dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk artikel jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber informasi terpercaya lainnya yang berhubungan dengan penerapan Model Pembelajaran LOK-R dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. Analisis data yang dilakukan adalah dengan teknik triangulasi dengan triangulasi sumber data sebagai uji keabsahan datanya.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa status literasi digital pelajar Indonesia (rentang usia 13-22 tahun) masih berada pada level sedang, termasuk pelajar DIY, yang di antaranya terdapat pelajar madrasah. Begitu pula hasil tes PISA 2018 pada instrumen yang menggali kecakapan literasi digital, menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital mininal baru dikuasai 45-70% pelajar Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran LOK-R dapat digunakan untuk mengintegrasikan pembelajaran kemampuan literasi digital minimal. Agar dapat menggunakan model pembelajaran LOK-R, guru perlu terlebih dulu menguasai cara menggunakan model pembelajaran tersebut dan menguasai kemampuan literasi digital dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Effrisanti, E. (2023). Model Pembelajaran LOK-R Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. Indonesian Journal of Action Research, 2(2), 167–175. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.22-02
Section
Articles

References

Aiman, F. dan I. K. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.

Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 308–318.

Dhesita, S. J. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran LOK-R Terhadap Kemampuan Literasi Siswa dala Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(2), 1–12.

Durriyah, T. L., & Zuhdi, M. (2018). Digital Literacy with EFL Student Teachers: Exploring Indonesian Student Teachers’ Initial Perception about Integrating Digital Technologies into a Teaching Unit. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 53–60.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani: Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.

Ginting, D. A., Fatimah, A. E., & Syafirna, A. (2022). Sosialisasi Model Pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R) Pada Guru MIN 12 Langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 9–14.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Nascimbeni, F., & Vosloo, S. (2019). Digital Literacy for Children. In Exploring Definitions and Frameworks. UNICEF.

Puspa, M., Milama, B., & Sholihat, R. N. (2021). Persepsi Calon Guru Kimia Mengenai Literasi Digital Sebagai Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2849–2863. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.28394

Riyanto, W. F., & Abror, R. H. (2021). Filsafat Digital Integral: Reformulasi Program Literasi Digital Nasional Di Era Pandemi Covid-19 Di Indonesia. FIKRAH, 9(2), 203–221.

Rusman. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Samsinar, S. (2020). Mobile learning: Inovasi pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Al-Gurfah : Journal of Primary Education, 1(1), 41–57.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Triandini, S., & Kuswanto. (2020). Paradigma John Locke Terhadap Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Era Milenial. Jurnal Audi Universitas Pendidikan Indonesia, 5(1), 32–37.

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks di Era Disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140.