Pembelajaran Daring dan Luring di MIN 1 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19: Fokus pada Keterlibatan Orang Tua dan Implementasi Metode Pengajaran
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pembelajaran pada saat masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini berlokasi di MIN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru-guru dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedoman pembelajaran yang komprehensif telah disusun dan diimplementasikan. Meskipun metode daring yang digunakan melibatkan pendekatan kreatif, terdapat keterbatasan, termasuk kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta keterbatasan partisipasi orang tua. Temuan ini memiliki implikasi signifikan dalam praktek pendidikan dan menambah literatur tentang pendidikan jarak jauh. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang fokus pada strategi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran luring yang baru diterapkan.
Downloads
Article Details
References
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Metode Focus Group Discussion Pada Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Di SDN Pondok 3. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–57.
Sisdiknas. (2010). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Fokus Media.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research And Tought Elementary School, 3(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923