Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Metode Show and Tell dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode show and tell dalam pembelajaran bahasa inggris pada ranah keterampilan berbicara siswa kelas XI MIA 3 di MAN 1 Yogyakarta.
Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIA 3, yang berjumlah 29 orang siswa. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan perbandingan antara hasil sebelum dan setelah penerapan metode Show and Tell dengan tolak ukur keberhasilan sebesar 80%.
Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 3 siswa (10%), sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 27 siswa (70%), dengan perolehan rata-rata 50,8 (di bawah KKM). Hasil evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 26 siswa (86,7%), sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM ada 4 siswa (13,3%), dengan rata-rata 86,2 (di atas KKM). Hal ini menunjukkan bahwa metode show and tell dapat digunakan untuk menunjang peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris, khususnya keterampilan berbicara. Keaktifan siswa dan efektifitas pembelajaran dari pertemuan ke pertemuan selanjutnya semakin meningkat. Pada siklus I aktifitas siswa dan efektifitas pembelajaran mencapai 69%, sedang pada silkus 2 keaktifan siswa dan efektifitas belajar mencapai 90%.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Nazla, T., & Fitria, N. (2021). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31–35.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Saputro, H., & Suharto, T. (2022). Analisis Komparasi terhadap Pengajaran Keterampilan Berbicara antara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2274–2281. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5060
Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32–38.
Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).
Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2). https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346
Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 11(01), 4–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/download/10964/7022