Implementasi Proyek Karya Tulis Ilmiah Berbantuan LKPD Terstruktur: Peningkatan Kompetensi Literasi pada Kelas Khusus Olah Raga
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Proyek Karya Tulis Ilmiah sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar dalam memperkuat profil pemuda Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin, serta meningkatkan kompetensi literasi peserta didik di Kelas Khusus Olah Raga (KKO), MAN 2 Yogyakarta.
Metode – Metodologi penelitian ini berbasis deskriptif kualitatif, dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara kualitatif.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% peserta didik berhasil menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terstruktur. Ini menandakan keberhasilan dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan penguatan kompetensi literasi. Penelitian ini memiliki implikasi signifikan dalam konteks pendidikan, khususnya dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan penguatan kompetensi literasi, serta membuka akses untuk penelitian lebih lanjut. Keterbatasan dan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut juga dibahas.
Downloads
Article Details
References
Ana Ahsana El-Sulukiyyah, M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Remaja Untuk Meningkatkan Ide Kreatif, Berpikir Kritis dan Inovatif Pada Siswa SMAN 1 Kota Pasuruan. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 247–255.
Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2017). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta. 77–82.
Astuti, A. P. (2022). Supervisi Klinis Untuk Menguatkan Budaya Literasi Melalui Karya Tulis Sederhana Non Ilmiah Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Taman Wida Humaniora (JPTWH), 1(1), 149–160. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/13
Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
Erviani, D. (2018). Pelatihan School Of Master Teacher (Smt) Sgi: Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Kasus Pada Guru SMT Wilayah Kabupaten Bogor). Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43408
Hutri, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gerakan Literasi di Taman Baca Masyarakat Pondok Sinau Lentera Anak Nusantara. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 5(1), 142–164.
Ismawati, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Pelajar Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Kompetensi: Peningkatan Literasi Sains Pelajar Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Kompetensi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmiah, 1(1)(1), 10–14. https://ojs.umu-buton.id/index.php/jpmi/article/view/24%0Ahttps://ojs.umu-buton.id/index.php/jpmi/article/download/24/11
Lexy, J. M. (2011). Qualitative research methods. Bandung: Teenager Rosda Karya.
Oktaviandi Bertua Pardede, Budi Setia Munte, Henni Novriyanti br. Manullang, Ayu Silvia Manullang, S. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kendala Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Dampaknya Terhadap Motivasi Menulis pada Siswa SMP Di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 115–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226
Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278
Solehudin, S., Hidayat, D., & Heryana, N. (2023). Program Pendampingan Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Bkpsdm Karawang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2879–2886.
Sugiyono. (2016). Metode Peneltian Pendidikan. Alfabeta.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah.