Penggunaan Media Puzzle dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan media puzzle dalam pengajaran Bangun Datar guna meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, dan kinerja guru di kelas II MI Muhammadiyah Macanmati. Melalui pendekatan yang sistematis, penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, kinerja guru, dan keterlibatan siswa selama proses pengajaran.
Metode – Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) 2 siklus yang masing–masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Muhammadiyah Macanmati Kabupaten Gunungkidul dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil – Hasil dari diskusi penlitian menunjukkan pada siklus awal, hasil belajar rata-rata siswa adalah 75,91, dan ini meningkat secara signifikan menjadi 83,64 pada siklus kedua. Selain itu, tingkat penguasaan klasikal meningkat dari 77,27% pada siklus pertama menjadi 90,91% yang mengesankan pada siklus kedua. Aktivitas belajar siswa juga menunjukkan kemajuan yang mencolok, dengan peningkatan dari 62,12% (dikategorikan tinggi) pada siklus pertama menjadi 89,37% (dikategorikan sangat tinggi) pada siklus kedua. Begitu juga, penilaian kinerja guru meningkat dari 83,18 pada siklus pertama menjadi 86,31 pada siklus kedua. Oleh karena itu, jelas bahwa penggunaan media puzzle dalam pengajaran Bangun Datar telah berhasil berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa, meningkatkan keterlibatan siswa, dan meningkatkan kinerja guru, sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Downloads
Article Details
References
Antoro, B., Amelia, M. M., Hakim, L., & Rozi, F. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Puzzle untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 064024 Medan. Madaniya, 4(1), 399–404. https://doi.org/doi.org/10.53696/27214834.372
Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/SAP.V6I1.9311
Asmorowati, R. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Penerapan Metode Project Based Learning Berbantu Media Whastsapp Pada Siswa Kelas IX-G SMP Negeri 253. 0, 107–118.
Astuti, W. T., Zain, M. I., & Thalha, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Dua Angka Menggunakan Media Puzzle Pada Siswa Kelas III SDN 24 Ampenan. JSIT: Journal of Science Intsruction and Technology, 3(2).
Beladina, N., Suyitno, A., & Khusni, K. (2013). Kefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/UJME.V2I3.3363
Biantong, P. T., Arsyad, N., & Suroyo, S. (2023). The Effect of Puzzle Media on Learning Motivation and Mathematics Learning Outcomes in Elementary School Students. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 149–154. https://doi.org/doi.org/10.35877/454RI.eduline1509
Farda, I. F., & Amaliyah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas 2 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1346–1357. https://doi.org/doi.org/10.31949/jee.v6i3.6008
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/GAUSS.V3I1.2127
Pahma, I., Artayasa, I. P., & Bahri, S. (2023). Efektivitas Media Biocapuz (Biology Card Puzzle) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b). https://doi.org/doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1309
Putri Cahyani, E., Dwi Wulandari, W., Eti Rohaeti, E., Yusnita Fitrianna, A., & Siliwangi, I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Numeracy, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.46244/NUMERACY.V5I1.309
Rambe, A. H. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Tema IV “Berbagai Pekerjaan” di Kelas IV SD. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17(1).
Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII TKB Mandiri Montong Buwuh II Melalui Media Pembelajaran Crossword Puzzle. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1).
Sirait, F. N. S., Panjaitan, M. B., & Thesalonika, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Matematika. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/doi.org/10.32533/07102.2023
Sogen, D. E., Lawotan, Y., & Hero, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II SD Inpres Belang. Journal on Education, 5(3), 6492–6599. https://doi.org/doi.org/10.31004/joe.v5i3.1436