Meningkatkan Pemerolehan Kosakata Bahasa Arab melalui Pembelajaran Berbasis Photo Story: Penelitian Tindakan Kelas di MTsN 4 Kulon Progo
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Photo Story dalam pembelajaran bahasa Arab dan potensinya untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi akademik siswa kelas VII di MTsN 4 Kulon Progo. Dalam penelitian ini, media Photo Story diidentifikasi sebagai komponen berharga dari media pembelajaran berbasis visual yang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran melalui bantuan visual.
Metode – Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) 2 siklus yang masing–masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 4 Kulon Progo dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil – Hasil dari diskusi penlitian menunjukkan partisipasi aktif siswa dan efektivitas metode pengajaran ini. Dalam hal pencapaian akademik, pemahaman siswa terhadap materi meningkat secara signifikan, dengan 95,95% siswa mencapai target KKM pada siklus kedua. Skor rata-rata adalah 74,77, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Arab oleh siswa. Implikasi dari penelitian ini mencakup potensi Media Photo Story sebagai alat pedagogis berharga dalam pendidikan bahasa Arab, yang dapat meningkatkan pengalaman kelas, retensi kosakata, dan kinerja akademik. Penelitian ini juga mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan kebutuhan akan metode pengajaran inovatif. Secara keseluruhan, implementasi Media Photo Story dalam pendidikan bahasa Arab memiliki potensi untuk meningkatkan akuisisi kosakata dan kinerja akademik, berkontribusi pada literatur tentang strategi pengajaran efektif, dan menyoroti relevansi pendekatan berbasis visual dalam pendidikan kontemporer.
Downloads
Article Details
References
Abdul Rahman, K., & Baharudin, H. (2023). Pengaruh Persekitaran Bahasa Terhadap Penguasaan Kosa Kata Arab. Issues in Language Studies, 12(1), 71–89. https://doi.org/doi.org/10.33736/ils.5374.2023
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Daud, W. A. A. W., Ghani, M. T. A., Rahman, A. A., Yusof, M. A. B. M., & Amiruddin, A. Z. (2021). ARabic-Kafa: Design and development of educational material for arabic vocabulary with augmented reality technology. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(4), 1760–1772. https://doi.org/doi.10.52462/jlls.128
Fauzan, M. (2020). Peta Konsep: Teori Dan Praktiknya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Kemahiran Kalam. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6).
Golonka, E., Bowles, A., Silbert, N., Kramasz, D., Blake, C., & Buckwalter, T. (2023). The Role of Context and Cognitive Effort in Vocabulary Learning: A Study of Intermediate-Level Learners of Arabic. The Modern Language Journal, 99(1), 19–39. https://doi.org/doi.org/10.1111/modl.12191
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. (2019). Teori dan aplikasi pembelajaran terpadu. Cv. AE Media Grafika.
Pallades, V. V. (2022). Taboo vocabulary as a component of invective vocabulary and its determination in Arabic idioms against the background of Russian and English languages. Bulletin of St. Petersburg University. Oriental and African Studies, 14(2), 299–319. https://doi.org/doi.org/10.21638/spbu13.2022.209
Solimando, C. (2022). E-Learning and Arabic in the Age of Covid-19: Rethinking the Learning of Vocabulary. Altre Modernità, n. 27, 166–180. https://doi.org/doi.org/10.54103/2035-7680/17884
Subadi, T. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Lesson Study (1st ed.). Muhammadiyah University Press.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Tachicart, R., & Bouzoubaa, K. (2022). Moroccan Arabic Vocabulary Generation Using a Rule-based Approach. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 34(10), 8538–8548. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.jksuci.2021.02.013
Zakiatunnisa, Sukma, D. A., & Faidah, M. N. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Aran dan Solusinya Bagi Non-Arab. Prosding SemnasbanaIV UM Jilid 2, 4(2), 489–498.