Pengembangan Program Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini menginvestigasi pengembangan dan implementasi program moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo, Indonesia, berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 184 tahun 2019. Tujuan utama studi ini ada tiga: 1) Menganalisis pengembangan program moderasi beragama di sekolah tersebut, 2) Meneliti peran administrator sekolah, pendidik, dan siswa dalam pelaksanaan program ini, dan 3) Mendeskripsikan metodologi yang digunakan dalam pengembangan program moderasi beragama.
Metode – Penelitian ini mengikuti kerangka Riset dan Pengembangan (R&D), menggunakan model sepuluh tahap Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil – Program ini mencakup modul "Kita semua Saudara (KISA)," "Aku Cinta Indonesia (ACI)," "Hormati Budaya Lokal (HBL)," dan "Sabtu Muqodaman Al Aquran (SAMAN)." Keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan sekolah secara signifikan berkontribusi pada keberhasilan pelaksanaan program. Selain itu, pengembangan program untuk pengajaran Akidah Akhlak di kelas delapan menunjukkan tingkat validitas yang wajar berdasarkan validasi ahli, uji pengguna terbatas, dan uji coba utama. Lebih lanjut, efektivitas program dalam meningkatkan kinerja siswa kelas delapan sebelum dan setelah pelaksanaannya secara statistik signifikan. Implikasi studi ini melampaui konteks khusus, membahas peran penting lembaga pendidikan dalam memupuk moderasi beragama. Keberhasilan pelaksanaan, yang dipandu oleh Keputusan Menteri Agama No. 184 tahun 2019, menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya, mempromosikan toleransi, penghormatan terhadap keragaman, dan kehidupan bersama yang damai dalam lanskap budaya dan agama yang beragam di Indonesia. Namun, penting untuk mengakui keterbatasan studi ini dan merekomendasikan penelitian lebih lanjut di bidang ini untuk menjelajahi dimensi dan konteks tambahan, meningkatkan pemahaman kita tentang moderasi beragama dan dampaknya pada masyarakat
Downloads
Article Details
References
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Agama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan Balai Diklat Keagamaan Surabaya, 13(2), 12–23.
Djihadah, N. (2022). Pengelolaan Materi Moderasi Beragama, Etika, dan Budaya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 1–13.
Iddian, S. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Madrasah. Jurnal Arriyadhah, 20(1), 66–73.
Lei, B. (2023). Moderasi Beragama Internalisasi Nilai dan Implikasinya dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah An-Nur Susupu Kabupaten Halmahera Barat. JIPDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(3), 34–49.
Mufid, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(2), 141–154. https://doi.org/doi.org/10.37252/quranicedu.v2i2.396
Munawir, M., Mukaromah, L., & Firmansyah, M. R. (2023). Urgensi Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). FIKRAH: Journal of Islamic Education, 7(2), 23–36. https://doi.org/doi.org/10.32507/fikrah.v7i2.2422
Nur Adnan Saputra, M., Nurul Mubin, M., Minhajul Abrori, A., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109
Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Muchlis, E. E. (2020). Pedesaan Pengembangan Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 347–359. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29636
Riyanto, R. (2022). Moderasi Beragama pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Madrasah). ICIE: International Conference on Islamic Education 2021, 2.
Setiawati, S., Wijiastuti, A., Andris, V., & Rohilah, N. (2023). Pengaruh Reels Instagram Dakwah Terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 239–251. https://doi.org/doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1637
Subhi, M. (2019). Promosi Toleransi dan Moderasi Beragama. Pustaka Masyarakat Setara.
Suryana, D., & Maryana, I. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Madrasah Diniyah Marifatul Huda. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–12. https://doi.org/dx.doi.org/10.30868/ei.v12i01.3792
Yanti, Y. (2023). Moderasi Beragama di Madrasah: Studi Tentang Penguatan Komitmen Kebangsaan Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(1), 51–65. https://doi.org/doi.org/10.32923/edois.v1i01.3681