Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Film pada Siswa MTsN 1 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keterampilan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media film pada siswa kelas IX E MTsN 1 Yogyakarta.
Metode – Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi (pengamatan), dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXE MTs Negeri 1 Yogyakarta yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. nalisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 80% atau inividu siswa mendapatkan hasil belajar sebesar minimal 77.
Hasil – Hasil dari diskusi penlitian menunjukkan partisipasi aktif siswa dan efektivitas metode pengajaran ini. Dalam hal pencapaian akademik, pemahaman siswa terhadap materi meningkat secara signifikan, dengan 95,95% siswa mencapai target KKM pada siklus kedua. Skor rata-rata adalah 74,77, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Indonesia oleh siswa. Implikasi dari penelitian ini mencakup potensi Media Photo Story sebagai alat pedagogis berharga dalam pendidikan bahasa Indonesia, yang dapat meningkatkan pengalaman kelas, retensi kosakata, dan kinerja akademik. Penelitian ini juga mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan kebutuhan akan metode pengajaran inovatif. Secara keseluruhan, implementasi Media Photo Story dalam pendidikan bahasa Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan akuisisi kosakata dan kinerja akademik, berkontribusi pada literatur tentang strategi pengajaran efektif, dan menyoroti relevansi pendekatan berbasis visual dalam pendidikan kontemporer.
Downloads
Article Details
References
Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83–92. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.26373
Andy, A., Triani, S. N., & Yanti, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Media Kantong Ajaib dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://doi.org/doi.org/10.30743/bahastra.v7i2.6884
Herdis, N., Wibowo, S. E., & Riyadi, S. (2022). Keefektifan Media Film Bisu Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MA Al-Ahliyah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4551
Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Ningrum, D. M. F., Ristiyani, R., & Roysa, M. (2023). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Menggunakan Aplikasi Wattpad. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 26–32. https://doi.org/doi.org/10.56916/ejip.v2i1.231
Nurwahidah, S. F., Mustika, I., & Firmansyah, D. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Estafet Writing. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(September), 805–818.
Okthavia, W., & Kamaluddin, T. (2022). Penerapan Media Film Pendek Untuk Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada SIswa Kelas VII SMP. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2).
Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Putri, R. A., & Afningsih, N. (2023). Pengaruh Media Film Pendek Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X SMK Melati Perbaungan. BAHTERASIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/doi.org/10.30596/jpbsi.v4i1.14259
Reza, M., & Simatupang, Y. J. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Film Pendek Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(1).
Rosmiati, L., & Ristiani, I. (2023). Model Pembelajaran Instruksi Langsung Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MTs. JPP: Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1).
Simbolon, U. (2017). Penerapan Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD 166492 Tebing Tinggi. ESJ: Elementary School Journal, 7(3), 430–439. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8182
Sitanggang, J. M., & Harahap, R. (2023). Pengaruh Metode Brainwriting Berbantuan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023. BAHTERASIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/doi.org/10.30596/jpbsi.v4i2.15256