Peningkatan Keaktifan dan Keterampilan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif Melalui Penggunaan Media Photo Story
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII di MTs N 4 Sleman dengan menggunakan Media Photo Story.
Metode – Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti model Kemis dan Mc Taggart, yang terdiri dari siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII C. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes, dengan indikator keberhasilan ditetapkan pada peningkatan keaktifan dan keterampilan siswa dalam menulis teks deskriptif dengan batas minimal 75%.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari kondisi awal ke siklus I dan II. Persentase siswa dalam kategori kurang aktif turun dari 65,6% menjadi 0%, sementara kategori sangat aktif meningkat dari 0% menjadi 50%. Keterampilan dan hasil belajar siswa juga meningkat signifikan, dengan persentase siswa yang tuntas naik dari 34,4% menjadi 100%. Implikasi penelitian ini signifikan, menunjukkan bahwa integrasi Media Photo Story dalam pengajaran bahasa dapat meningkatkan keterlibatan dan keterampilan menulis siswa. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi aplikasi Media Photo Story dalam berbagai setting pendidikan.
Downloads
Article Details
References
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Media Photo Story dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 123–129. https://doi.org/doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2394
Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.
Hidayah, N., Nurlina, S., & Prihantini, P. (2022). KEMAMPUAN DECODING ENCODING PESERTA DIDIK DALAM HASIL KARYA SENI MENGGUNAKAN MEDIA PHOTO STORY. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6). https://doi.org/dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8703
Julkifliati, J., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152–159. https://doi.org/doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1718
Musaropah, U., Mahali, M., & Delimanugari, D. (2020). Snowball Throwing Sebagai Model Pembelajaran Guna Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah. Jurnal Intersections, 5(2), 38–47.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32–38.
Situmorang, C. J., Tambunan, M. A., & Saragih, V. R. (2022). Penerapan Media Photo Story dalam Pembelajaran Menulis Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2472–2480. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8590
Wulandari, H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PHOTO STORY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GLAGAHOMBO 2 SLEMAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 704–714. https://doi.org/doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p704-714