Analisis Distribusi Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Lower Order Thinking Skills (LOTS) dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kategori soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Lower Order Thinking Skills (LOTS) serta menganalisis distribusi tingkat kognitif dalam buku Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Soal Kemahiran Berbahasa Indonesia karya Kaniah et al. tahun 2016.
Metode – Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik baca catat untuk menganalisis 40 soal objektif pilihan ganda berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan 37,5% soal termasuk kategori HOTS, dengan dominasi pada tingkat menganalisis (C4), dan 62,5% soal termasuk LOTS, yang tersebar pada tingkat mengingat (C1), memahami (C2), dan mengaplikasikan (C3). Tidak ditemukan soal dalam kategori mencipta (C6). Temuan ini memberikan gambaran distribusi soal HOTS dan LOTS dalam buku ajar Bahasa Indonesia, yang dapat menjadi acuan untuk pengembangan bahan ajar dan peningkatan kapasitas guru dalam merancang soal berbasis HOTS. Keterbatasan penelitian terletak pada ruang lingkup analisis yang hanya mencakup satu buku ajar. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan memperluas analisis pada berbagai sumber dan mengkaji pengaruh soal HOTS terhadap capaian belajar siswa.
Downloads
Article Details
References
Arifin, Z., Hania, I., Sofa, F., Utami, S., & Nurinadia, P. (2022). The Development of CEFR-Based Nahwu and Shorof Learning Evaluation in Madrasah Aliyah in Cirebon. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2), 167–182. https://doi.org/10.22219/jiz.v5i2.21610
Ariyanti, P. (2017). Manajemen Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Tematik Integratif Di Sd Negeri Tugu Kecamatan Purwoasri Kediri. Jurnal Manajemen Pendidikan.
Driana, E., & Ernawati, E. (2019). Teachers’ Understanding and Practices in Assessing Higher Order Thinking Skills at Primary Schools. Actiya: Journa of Teaching & Education, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.30650/ajte.v1i2.233
Fadhilah, H., Ratyasha, S., Donda, T., & Giwangsa, S. F. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Soal HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 868–876. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.915
Febriyani, H., & Mu’arifah, S. (2024). Muatan Soal LOTS dan HOTS Kompetensi Sastra Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII Terbitan Erlangga. ANUFA, 2(1), 1–9.
Guswita, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berbasis Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa STKIP Muhammadiyahmuara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 4340–4351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1496
Hadi, I., & Liskasaputri, N. (2021). Pelatihan Penulisan Soal Comprehension Questions Para Tutor Berbasis HOTS Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 100–106. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2488
Kaniah, Karenasia, K., Oktavia, W., Sugiarto, J., Arianto, A. K., & Zahrotunnisa, R. (2016). Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia: Latihan Soal Kemahiran Berbahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komariah, I., Agus Hamdani, Nizar Alam Hamdani, Encep Suherman, & Ari Kartini. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Madrasah Bahasa Indonesia Berdasarkan Tingkat Berpikir Siswa di KKM 1 Garut. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(1), 298–306. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.1.298-306
Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37616
Kurniawati, F. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13.
Laili, M., Aini, N., & Christanti, A. (2020). HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM PENILAIAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(1), 18–25.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Lestari, I. D., Listyarini, I., Artharina, F. P., & Mujilah, M. (2023). Analisis Soal HOTS Bahasa Indonesia Tema Kebersihan dan Kesehatan Diri Kelas I SDN Sambirejo 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4764–4769. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5988
Linggua Sanjaya Usop, Indra Perdana, Paul Diman, & Lazarus Linarto. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN EVALUASI BERBASIS HOTS UNTUK GURU BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP SWASTA SEKOTA PALANGKA RAYA. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1 SE-Articles), 3681–3688. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2263
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0).
Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–8.
Milenia, D., Resti, N. C., & Rahayu, D. S. (2022). Kemampuan Siswa SMP Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis HOTS Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(2), 100–108. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2297
Permatasari, I. (2021). Distribusi Pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013. Nuances of Indonesian Language, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.51817/nila.v2i1.60
Rohmah, N., & Inderasari, E. (2023). Muatan HOTS pada Soal Kompetensi Bersastra Buku Teks Cerdas Cergas Kelas X. ANUFA, 1(1), 11–18.
Rozi, B. (2020). Problematika Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 33–47. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.204
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). TSmart.
Sutami, S., Hudiyono, Y., & Ilyas, M. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 102–113. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.24
Yulian, R., Ruhama’, U., & Alkadri, S. P. A. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP BAHASA INGGRIS SMA KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1647–1657. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1085