Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Menggunakan Media Interaktif PhET Colorado Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Mantingan
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian Tindakan Kelas ini dikembangkan dengan tujuan menjadi media pembelajaran Matematika yang menyenangkan sehingga dapat menarik minat belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan simulasi PhET Colorado dalam pembelajaran pecahan bertujuan untuk menanamkan konsep dasar pecahan secara lebih konkrit dan menyenangkan. Siswa kelas IV SDN 3 Mantingan tahun ajaran 2023/2024. Dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.
Metode – Dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini, metode penelitian mengacu pada model PTK Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdapat empat tahap/komponen yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan, 3) Tahap observasi, 4) Tahap refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil – Hasil analisis menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata hasil observasi yang dilakukan oleh wali kelas IV, sebagai pengamat aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase sebesar 91,30% “sangat baik”. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor persentase sebesar 85,86% dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar meningkat pada siklus I, ditemukan 14 siswa memiliki persentase ketuntasan sebesar 56, sedangkan 11 siswa tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 79. Jadi perbandingan rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 67, dan pada siklus I sebesar 79. Jumlah siswa yang tuntas KKM pada pra siklus sebanyak 7, dan pada siklus I sebanyak 14 siswa. Jadi hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media interaktif PhET Colorado.
Downloads
Article Details
References
Abdjul, T., & Ntobuo, N. E. (2019). Penerapan media pembelajaran virtual laboratory berbasis phet terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).
Ahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan PhET Simulation bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 55-62.
Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Penerapan media simulasi menggunakan phet (physics education and technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas x sma muhammadiyah limbung. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 74-82.
Hastuti, H. Z., & Zaiyasni, Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2731-2740.
Kurniawan, A., Herlinawati, H., & Marasabessy, R. (2024). Pemanfaatan PhET colorado untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik. Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education, 1(2).
Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan media komik matematika digital untuk pembelajaran materi pecahan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103-116.
Listiyoningrum, W., Roshayanti, F., Widayati, L., & Zuhri, M. S. (2024). Implementasi Penggunaan Media Interaktif Phet Colorado dalam Pembelajaran Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 115-123.
Muazaroh, S. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Computer Simulation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Catha: Journal of Creative and Innovative Research, 1(3), 75-83.
Pangesti, F. W., & Mulyati, T. (2022). Efektivitas Media Aplikasi Phet Simulations Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Sd Terkait Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(9), 1894-1905.
Prabawanto, H. S., & Mandiri, B. B. (2019). Pembelajaran Bilangan Pecahan. Dalam Bilang Pecahan. pdf, diakses, 15.
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512.
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Ramadani, E. M., & Nana, N. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab phet pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa sma: Literature review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1).
Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).
Tupalessy, A., Kereh, C. T., & Singerin, S. (2021). Penggunaan laboratorium virtual PhET dalam model discovery learning pada materi gerak harmonik sederhana. Science Map Journal, 3(2), 47-55.Nur Adnan Saputra, M., Nurul Mubin, M., Minhajul Abrori, A., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109